MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TKP 1 DI SMKN 1 KEDIRI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Heninda, Saura (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TKP 1 DI SMKN 1 KEDIRI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87205_2114030018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (951kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (215kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030018_0007016201_0704038902_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi pada observasi awal Pada saat observasi, Pada observasi awal, peneliti menemukan bahwa siswa cenderung diberikan model pembelajaran teacher-centered. Dalam metode ini, guru menjadi sumber utama informasi dan siswa berperan sebagai penerima pasif yang mendengarkan serta mencatat. Pembelajaran yang didominasi dengan model ceramah membuat siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa kurang terlatih dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif. Permasalaham penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X TKP 1 SMKN 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X TKP 1 SMKN 1 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X TKP 1 SMKN 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, menggunakan instrumen penelitian berupa modul ajar, lembar soal pretest dan posttest siklus 1 dan 2. Hasil analisis data menggunakan pendekatan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas X TKP 1 SMKN 1 Kediri pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, ada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 21,2% (pretest) menjadi 75,8% (posttest), dengan peningkatan rata-rata kelas dari 65,0 menjadi 70,8. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meningkat lebih lanjut hingga mencapai 93,9%, dengan rata-rata kelas naik menjadi 81,6. Penerapan model Teams Games Tournament terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta mendorong siswa untuk aktif berpikir, berdiskusi, dan memecahkan masalah secara kritis. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dengan menerapkan model Teams Games Tournament untuk dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran penerapan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament, pembelajaran kooperatif.
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Saura Heninda
Last Modified: 05 Aug 2025 11:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item View Item