Septianna, Septianna (2025) MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS X TPM 3 SMK PGRI 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87205_2114030012.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030012_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030012_0007016201_0704038902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dengan salah satu guru Pendidikan Pancasila di SMK PGRI 1 Kota Kediri, bahwa partisipasi aktif siswa kelas X TPM 3 SMK PGRI 1 Kota Kediri tergolong kurang. Ketidakaktifan ini tercermin dari minimnya keterlibatan saat diskusi kelas, di mana sebagian besar siswa hanya mendengarkan tanpa memberikan tanggapan atau bertanya. Lalu saat guru mengajukan pertanyaan, hanya sebagian kecil yang merespons, sementara lainnya cenderung diam atau menunduk. Salah satu penyebabnya diduga karena metode pembelajaran yang masih konvensional yang menyebabkan siswa bosan dan menjadi pasif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X TPM 3 SMK PGRI 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X TPM 3 SMK PGRI 1 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model spiral Kemmis & McTaggart dan subjek penelitian berjumlah 37 siswa laki-laki X TPM 3 SMK PGRI 1 Kota Kediri. Menggunakan instrumen berupa Modul Ajar dan Lembar Observasi Partisipasi Aktif Siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Model Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa X TPM 3 SMK PGRI 1 Kota Kediri pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pada siklus I, rata-rata partisipasi siswa mencapai 63,51% (kategori cukup), sementara pada siklus II meningkat signifikan menjadi 85,54% (kategori sangat baik). Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dengan menerapkan model Group Investigation untuk dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Aktif Siswa, Pendidikan Pancasila, Group Investigation |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Septianna |
Last Modified: | 05 Aug 2025 11:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |