Pengaruh Brand Ambasador, Live streaming Dan Promosi Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Kendaraan Di Kalangan Motor Tulungagung

Rifai, Dimas Muhamad (2025) Pengaruh Brand Ambasador, Live streaming Dan Promosi Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Kendaraan Di Kalangan Motor Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2112010223.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010223_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (997kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010223_0711098703_0718118401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, khususnya dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi industri ritel konvensional tetapi juga merambah ke industri otomotif, mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi dengan mengintegrasikan strategi pemasaran digital ke dalam model bisnis mereka. Media sosial telah menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam strategi pemasaran digital, salah satunya yaitu TikTok. Data terbaru menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Pertumbuhan yang signifikan ini menjadikan TikTok sebagai platform yang potensial untuk kegiatan pemasaran digital. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran menjadi semakin relevan. Hal ini mendorong dealer kendaraan bekas, termasuk Kalangan Motor Tulungagung, untuk mengadopsi strategi pemasaran digital melalui platform TikTok dengan mengintegrasikan tiga komponen utama yaitu brand ambassador, live streaming, dan promosi media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah sebuah penyelidikan tentang masalah sosial berdasarkan pada pengujian sebuah teori yang terdiri dari variabel-variabel, diukur dengan angka, dan dianalisis dengan prosedur statistik untuk menentukan apakah generalisasi prediktif teori tersebut benar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausalitas. Variabel yang terdapat dalan desain penelitian kausalitas ini adalah variabel independen (minat beli) dan variabel dependen (brand ambassador, live streaming, dan promosi media sosial). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap anggota populasi. Adapun kriterianya yaitu konsumen yang pernah menonton live streaming atau melihat promosi Kalangan Motor Tulungagung di Tiktok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sejumlah 96 responden. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara simultan brand ambassador, live streaming, dan promosi media sosial berpengaruh terhadap minat beli kendaraan di Kalangan Motor Tulungagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambasador, Live streaming, Promosi, Minat beli
Subjects: 550 Economics > 565 Taxation
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 573 Financial administration (office, tax, hotel, logistics, etc.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Dimas Muhamad Rifai
Last Modified: 05 Aug 2025 13:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item