PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 2 KOTA KEDIRI

Janah, Efa salmaiyah faridlotul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060099.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060099_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (829kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060099_0006096801_0070208502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi sistem pencernaan, yang disebabkan oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di bawah KKM, dari 26 siswa 58% masih belum tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran yang sesuai dengan materi pencernaan pada manusia kelas V SD yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas V SDN Mojoroto 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan tipe development studies dengan uji formative evaluation Tessmer, yang meliputi 2 tahapan utama yaitu preliminary dan prototyping. Tahap preliminary terdiri atas dua kegiatan utama, yaitu analisis dan desain. Sedangkan tahap prototyping mencakup lima proses, yaitu self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas IV, dan 26 siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi, angket kepraktisan dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup perhitungan persentase terhadap aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi ahli menunjukkan persentase rata-rata 86% dari ahli media dan 93% dari ahli materi dengan kategori sangat valid; (2) Kepraktisan berdasarkan angket respon guru memperoleh persentase rata-rata 97% kategori sanga praktis dan angket respon peserta didik one-to-one memperoleh persentase rata-rata 91%, angket respon peserta didik small group memperoleh persentase rata-rata 93%, angket respon peserta didik field test memperoleh persentase rata-rata 91%, semuanya termasuk dalam kategori sangat praktis; (3) Keefektifan diperoleh dari hasil ketuntasan klasikal. Berdasarkan tahap one-to-one hasil post test 100% siswa mencapai ketuntasan belajar. Tahap selanjutnya small group hasil post test 100% siswa mencapai ketuntasan belajar dan tahap field test post test 92% siswa mencapai ketuntasan belajar dari beberapa tahapan tersebut dapat dibuktikan bahwa multimedia interaktif berbasis Canva efektif. Simpulan dari penelitian ini bahwa mediapembelajaran Canva dinyatakan valid, praktis, efektif dalam materi sistem pencernaan manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Sistem pencernaan manusia, Uji formative evaluation tessmer
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Efa Salmaiyah Faridlotul Janah
Last Modified: 05 Aug 2025 06:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item