Pratiwi, Rozy Bintang Ambar (2025) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN SELF CONTROL TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 6 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010041.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010041_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (619kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010041_0708068904_0705068605_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kedisiplinan sebagai salah satu indikator keberhasilan pendidikan di sekolah. Kedisiplinan peserta didik merupakan aspek mendasar dalam menciptakan suasana belajar yang tertib, teratur, dan produktif. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik yang menunjukkan perilaku tidak disiplin, seperti datang terlambat, melanggar aturan sekolah, dan kurang memiliki tanggung jawab terhadap tugas. Fenomena ini mendorong peneliti untuk mengeksplorasi dua faktor yang diduga berperan dalam membentuk perilaku disiplin, yaitu interaksi sosial teman sebaya dan self control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara interaksi sosial teman sebaya dan self control terhadap kedisiplinan peserta didik di SMAN 6 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, dengan teknik analisis data berupa korelasi parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 6 Kediri yang berjumlah 395 peserta didik. Sampel diambil sebanyak 40 peserta didik melalui teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tiga skala psikologi yang disusun berdasarkan teori yang relevan, yaitu skala interaksi sosial teman sebaya (57 item), skala self control (24 item), dan skala kedisiplinan peserta didik (36 item). Uji validitas dilakukan menggunakan Pearson Product Moment, sementara reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha dan menunjukkan hasil yang reliabel, yakni 0,974 untuk interaksi sosial, 0,982 untuk self control, dan 0,985 untuk kedisiplinan. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari uji prasyarat (uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan homoskedestisitas) hingga uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa interaksi sosial teman sebaya dan self control tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis data menggunakan SPSS, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,642. Nilai signifikansi ini lebih besar dari taraf signifikansi yang ditetapkan, yaitu 0,05. Oleh karena itu, berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka hipotesis nol (H₀) diterima dan hipotesis alternatif (Hₐ) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dan self control setelah pengaruh kedisiplinan dikendalikan. Temuan ini menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian dengan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dan self control terhadap kedisiplinan peserta didik. Hasil ini berbeda dengan sejumlah teori dan penelitian terdahulu yang menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel-variabel tersebut. Namun, dalam konteks di SMAN 6 Kediri, faktor-faktor eksternal seperti pengawasan guru, sistem tata tertib sekolah, dan budaya kedisiplinan institusi tampaknya lebih berperan dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik. Selain itu, interaksi sosial antar teman sebaya yang terjadi di sekolah cenderung bersifat informal dan tidak diarahkan secara khusus untuk mendukung perilaku disiplin, sedangkan self control belum cukup berkembang sebagai kendali internal yang kuat dalam diri peserta didik untuk menaati aturan tanpa tekanan dari luar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial teman sebaya dan self control tidak berhubungan signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah, khususnya guru bimbingan dan konseling, untuk tidak hanya fokus pada pembinaan aspek individu atau sosial semata, tetapi juga memperkuat sistem kedisiplinan yang konsisten, pembinaan karakter, dan pengawasan yang membentuk kebiasaan positif. Guru BK dapat merancang layanan bimbingan yang terintegrasi dengan nilai-nilai disiplin melalui pendekatan kelompok, serta membangun budaya sekolah yang mendukung pembentukan karakter melalui pengalaman nyata. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali faktor lain yang lebih luas seperti peran keluarga, gaya kepemimpinan guru, atau budaya sekolah dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi sosial teman sebaya, self control, kedisiplinan, peserta didik |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Rozy Bintang Ambar Pratiwi |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |