Gusniawati, Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI STATISTIKA DIAGRAM SCATTER. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010007.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (860kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (796kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (355kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (416kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010007_0717127601_0710016401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam Pendidikan sangat diperlukan, agar Pendidikan tidak mengalami ketertinggalan. Pemanfaatan dari kecanggihan teknologi di masa sekarang menjadi kebutuhan, begitu juga media pembelajaran dalam dunia Pendidikan. Media pembelajaran sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan, ini mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Menggunakan media pembelajaran memungkinkan melakukan proses pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan observasi dan informasi yang didapat di SMA Negeri 3 Kota Kediri, dalam proses pembelajaran matematika peserta didik melakukan pembelajaran melalui presentasi kelompok dan memanfaatkan powerpoint sebagai media presentasi. Penyampaian presentasi yang dilakukan peserta didik, memungkinkan ada beberapa peserta didik yang kurang paham dalam penyampaian materi dan tertarik dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung penyampaian materi, serta kurangnya minat pesera didik dalam mempelajari materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membantu saat proses pembelajaran, yang bersifat mandiri dan menarik, serta memanfaatkan teknologi. Bedasarkan hal tersebut peneliti berupanya mengembangakan media pembelajaran yang interaktif berbasis android pada materi statistika diagram scatter kelas XI SMA Negeri 3 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat valid”. Validasi dilakukan oleh tiga validator, dengan presentase kevalidan: ahli materi (89%), ahli media (84%), dan ahli pembelajaran atau guru (93%). Uji coba media dilakukan pada skala terbatas yaitu 6 peserta didik, dengan menunjukan rata-rata presentase (92%), kemudian uji coba skala luas yaitu 36 peserta didik, dengan menunjukkan presentase (82%). Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan sangat valid dengan respon sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, dan dapat menfasilitasi pesera didik untuk belajar secara mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, Android |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ayu Gusniawati |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |