ANALISIS APLIKASI DOMPET DIGITAL, DAYA BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNP KEDIRI)

Panglipur, Yerikho Putra (2025) ANALISIS APLIKASI DOMPET DIGITAL, DAYA BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNP KEDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2112010135.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010135_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (477kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010135_0727127801_0718118401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil dari observasi peneliti, bahwa di Indonesia penggunaan dompet digital semakin populer dikalangan generasi Z dengan berbagai aplikasi yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Teknologi yang saat ini semakin canggih dan berkembang memfasilitasi konsumen membeli produk tanpa harus mendatangi langsung ke tempat penjual. Sekarang ini langkah bertransaksi online yang sering digunakan adalah dompet digital. Daya beli yang tinggi memungkinkan konsumen untuk lebih sering melakukan pembelian, terutama pada platform shopee. Keputusan pembelian adalah kemudahan keterjangkauan, keamanan melalui penggunaan dompet digital, viralitas yang menarik minat konsumen sehingga niat membeli terjadi ketika pemgguna menerima data dan informasi yang cukup mengenai produk yang diinginkan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan aplikasi dompet digital dan daya beli terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform shopee. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan metode survei yang menggunakan data primer (dengan membuat formulir kuesioner penelitian yang berisikan sebuah angket pernyataan). Penelitian ini mengambil sejumlah sampel sebanyak 30 responden, yang menggunakan pendekatan non probability sampling jenis purposive sampling. Hasil data kuesioner selanjutnya dianalisis dengan analisis uji asumsi klasik metode regresi linier berganda. Angket kuesioner penelitian ini diisi menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa, variabel aplikasi dompet digital (X1) dan variabel daya beli (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada platform shopee. Kesimpulan hasil penelitian Hasil variabel aplikasi dompet digital secara signifikan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform shopee. Hasil variabel daya beli secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform shopee. Hasil uji F dapat disimpulkan item variabel aplikasi dompet digital dan daya beli memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dompet digital, daya beli, e-commerce, keputusan pembelian konsumen.
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Yerikho Putra Panglipur
Last Modified: 05 Aug 2025 06:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item View Item