PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SCRAPBOOK PADA MATERI MENJELASKAN TEKS INFORMATIF SISWA KELAS IV SDN TAROKAN 3

Maharani, Restu Ajeng Selfina (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SCRAPBOOK PADA MATERI MENJELASKAN TEKS INFORMATIF SISWA KELAS IV SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060190.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060190_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (116kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi teks informatif. Siswa senang berbicara sendiri ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Menurunnya nilai hasil belajar pada materi teks informatif. Pada menyampaikan materi pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan berfokus pada buku paket yang telah disediakan oleh sekolah. Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat menyampaikan materi teks informatif. Belum adanya inovasi media pembelajaran berbasis digital yang digunakan guru. Rendahnya nilai hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi teks informatif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (2) Untuk mengetahui kepraktisan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (3) Untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 41 siswa kelas IV SDN Tarokan 3. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan dari ahli materi 80% dan ahli media 88%. Rata-rata nilai hasil validasi yaitu sebesar 84%, yang menjelaskan bahwa uji kevalidan pada multimedia interaktif Scrapbook memiliki kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 90% dan rata-rata skor respon siswa sebesar 91,5%. Kedua nilai tersebut dapat diakumulasikan menjadi 90,75%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif Scrapbook dikatakan praktis (3) Hasil uji keefektifan menunjukkan nilai posttest 11 siswa pada uji coba terbatas sebesar 88% dan perolehan nilai posttest dari 30 siswa pada uji coba luas sebesar 89%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 88,5%. Sehingga, multimedia interaktif Scrapbook efektif untuk digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks informatif. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Scrapbook materi teks informatif yang dikembangkan untuk kelas IV SDN Tarokan 3 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Multimedia interaktif Scrapbook dapat meningkatkan antusias belajar siswa dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi menjelaskan teks informatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Scrapbook, Informative Text
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Restu Ajeng Selfina Maharani
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:07
Last Modified: 05 Aug 2025 04:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item