Maharani, Restu Ajeng Selfina (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SCRAPBOOK PADA MATERI MENJELASKAN TEKS INFORMATIF SISWA KELAS IV SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060190.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060190_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (116kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (57kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (186kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060190_0728129001_0022086508_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi teks informatif. Siswa senang berbicara sendiri ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Menurunnya nilai hasil belajar pada materi teks informatif. Pada menyampaikan materi pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan berfokus pada buku paket yang telah disediakan oleh sekolah. Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat menyampaikan materi teks informatif. Belum adanya inovasi media pembelajaran berbasis digital yang digunakan guru. Rendahnya nilai hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi teks informatif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (2) Untuk mengetahui kepraktisan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. (3) Untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif Scrapbook pada materi menjelaskan teks informatif siswa kelas IV SDN Tarokan 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 41 siswa kelas IV SDN Tarokan 3. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan dari ahli materi 80% dan ahli media 88%. Rata-rata nilai hasil validasi yaitu sebesar 84%, yang menjelaskan bahwa uji kevalidan pada multimedia interaktif Scrapbook memiliki kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 90% dan rata-rata skor respon siswa sebesar 91,5%. Kedua nilai tersebut dapat diakumulasikan menjadi 90,75%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif Scrapbook dikatakan praktis (3) Hasil uji keefektifan menunjukkan nilai posttest 11 siswa pada uji coba terbatas sebesar 88% dan perolehan nilai posttest dari 30 siswa pada uji coba luas sebesar 89%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 88,5%. Sehingga, multimedia interaktif Scrapbook efektif untuk digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks informatif. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Scrapbook materi teks informatif yang dikembangkan untuk kelas IV SDN Tarokan 3 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Multimedia interaktif Scrapbook dapat meningkatkan antusias belajar siswa dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi menjelaskan teks informatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Scrapbook, Informative Text |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Restu Ajeng Selfina Maharani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:07 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |