Primasari, Berliana Esti (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI SISWA KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060097.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060097_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (928kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (481kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060097_0701058701_0006096801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Berliana Esti Primasari Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Bentuk Energi Siswa Kelas 4 SD, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2025. Kata kunci : multimedia interaktif, SETS, keterampilan proses sains, perubahan bentuk energi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dari hasil observasi, analisis dokumen hasil belajar, wawancara dan penyebaran angket oleh peneliti, yang menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa; metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berupa ceramah; kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar untuk proses pembelajaran; rendahnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran; serta kurangnya motivasi siswa yang mengakibatkan rendahnya minat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, keterampilan proses sains siswa tergolong dalam kategori kurang, dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi kurang optimal. Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kevalidan penggunaan multimedia interaktif berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan bentuk energi siswa kelas 4 SD? (2) Bagaimana kepraktisan penggunaan multimedia interaktif berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan bentuk energi siswa kelas 4 SD? (3) Bagaimana keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan bentuk energi siswa kelas 4 SD?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dalam pembelajaran materi perubahan bentuk energi, lembar penilaian keterampilan proses sains, pedoman wawancara guru dan siswa, angket kebutuhan siswa, analisis dokumen hasil belajar, lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, serta soal pre-test dan post-test. Subjek penelitian siswa kelas 4A dan 4B SDN 1 Ngronggot. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validasi ahli dianalisis kuantitatif berdasarkan skor dan kualitatif berdasarkan saran ahli. Angket guru dan siswa dianalisis kuantitatif berdasarkan skor, tes siswa dianalisis kuantitatif menggunakan uji-t, dan keterampilan proses sains dianalisis kuantitatif berdasarkan skor. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dan ahli materi 83%, dengan rata-rata 83,5%, semuanya termasuk dalam kriteria sangat layak. Angket respon guru memperoleh skor 97,14% dan angket respon siswa 91,6%, dengan rata-rata 94,37%, juga dalam kriteria sangat layak. Uji-t menunjukkan hasil ada perbedaan antara post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan hasil p < 0,05. Rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen mencapai 81,6%, sedangkan kelas kontrol 48,46%, keduanya meningkat dari skor awal sebesar 33,3%, dengan kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih tinggi. Kesimpulan hasil penelitian adalah multimedia interaktif berbasis SETS pada materi perubahan bentuk energi siswa kelas 4 SD dinyatakan valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, SETS, keterampilan proses sains, perubahan bentuk energi |
Subjects: | 410 Engineering science > 443 Energy engineering 660 Art, design and media > 700 Media science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Berliana Esti Primasari |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |