Ainurrohman, Candra Jaya Nur (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN INFLUENCER REVIEW TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA PLATFORM SHOPEE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030030 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (366kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (235kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030030_0711098201_0719108702_07_lamp.docx - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya aktivitas pembelian secara daring oleh mahasiswa, khususnya pada platform e-commerce Shopee. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi perilaku tersebut adalah keberadaan online customer rating dan influencer review yang menjadi sumber informasi utama dalam pengambilan keputusan pembelian. Mahasiswa sebagai generasi digital dianggap sangat responsif terhadap informasi dari internet, termasuk rating konsumen dan ulasan dari para influencer di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh online customer rating terhadap minat beli mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri pada platform Shopee; 2) Untuk mengetahui pengaruh influencer review terhadap minat beli mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh online customer rating dan influencer review secara simultan terhadap minat beli mahasiswa Pendidikan Ekonomi pada platform Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 121 mahasiswa aktif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis secara parsial dan simultan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel online customer rating (X₁) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) Variabel influencer review (X₂) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Variabel online customer rating (X₁) dan influencer review (X₂) secara simultan berpengaruh terhadap minat beli (Y) mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,653 atau 65,3% menunjukkan bahwa variabel Online Customer Rating dan Influencer Review mampu menjelaskan variabel Minat Beli sebesar 65,3%, Dengan demikian, baik penilaian konsumen maupun ulasan influencer merupakan faktor penting yang dapat digunakan dalam strategi pemasaran digital untuk meningkatkan minat beli konsumen muda di platform Shopee.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Beli, Online Customer Rating, Influencer Review, Shopee, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Candra Jaya Nur Ainurrohman |
Last Modified: | 05 Aug 2025 15:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |