Abidah, Bintan (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GAYA MAGNET (GAMA) UNTUK KELAS IV SDN BULUSARI 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060065.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060065_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060065_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil analisis kebutuhan siswa bahwa dalam pembelajaran IPAS di SDN Bulusari 3 belum maksimal dikarenakan media pembelajaran yang dikembangkan belum mampu mengkonkretkan materi yang bersifat abstrak. Media pembelajaran yang digunakan berupa powerpoint yang berisikan teks yang menyebabkan pembelajaran kurang aktif, monoton, membosankan, dan memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kevalidan produk pengembangan multimedia interaktif Gaya Magnet (Gama) untuk kelas IV SDN Bulusari 3? (2) bagaimana kepraktisan produk pengembangan multimedia interaktif Gaya Magnet (Gama) untuk kelas IV SDN Bulusari 3? (3) bagaimana keefektifan produk pengembangan multimedia interaktif Gaya Magnet (Gama) untuk kelas IV SDN Bulusari 3?. Penelitian dilaksanakan menggunakan Development studies dengan formative evaluation dengan model Tessmer dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Bulusari 3. Tessmer membagi menjadi dua tahapan yaitu preliminary dan formative atau prototyping. Tahapan preliminary terdiri atas analisis dan desain. Tahapan formative atau prototyping terdiri atas self evaluation, one-to-one, small group, dan field test. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis kevalidan media dan materi, analisis kepraktisan guru dan siswa, serta analisis keefektifan hasil pre test dan post test. Berdasarkan uji kevalidan media memperoleh hasil dari ahli media 77,75% dengan kategori “valid” dan ahli materi 95% dengan kategori “sangat valid”. Pada uji kepraktisan media memperoleh hasil dari respon guru 100%, one-to-one 97,25%, small group 95,75%, dan field test 96,50% dengan kategori “sangat prkatis”. Pada uji keefektifan media memperoleh hasil ketuntasan dari one-to-one 100%, small group 100%, dan field test 91,30% dengan kategori “sangat efektif”. Kesimpulan hasil penelitian adalah produk pengembangan Multimedia interaktif Gaya Magnet (Gama) untuk kelas IV SDN Bulusari 3 dinyatakan valid, praktis, dan efektif Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat inovasi berupa game dan kuis tanpa menggunakan internet, serta terdapat umpan balik secara langsung pada media untuk menjelaskan jawaban salah dan benar. (2) Guru perlu mengelola media agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, serta dapat memodifikasi agar lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif Gama, gaya magnet, kelas IV |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 660 Art, design and media > 709 Product design 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bintan Abidah |
Last Modified: | 04 Aug 2025 10:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |