Prayoga, Mahendra Bagus (2025) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU STUDI KASUS MAHASISWA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ANGKATAN 2021. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (full text)
RAMA_87203_2112030004.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
![]() |
Text (similarity)
RAMA_87203_2112030004_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + references)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_01_Front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_05.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (61kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (122kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030004_0711098201_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
Abstract
Kesiapan menjadi guru merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh calon pendidik untuk menjalankan peran profesionalnya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat menjadi guru, pengenalan lapangan persekolahan (PLP), dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi kependidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2021. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kependidikan angkatan 2021 sebanyak 618 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh 243 responden sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket (kuesioner) dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat menjadi guru, PLP, dan komunikasi interpersonal secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Dibuktikan dengan nilai signifikasi pada uji t parsial pada variabel Minat menjadi Guru 0,014 < 0,05 dan PLP dengan nilai 0,00 < 0,05 serta Komunikasi Interpersonal 0,00 < 0,05 dan uji F dengan nilai Fhitung > Ftabel (79,154 > 2.64) atau nilai sig = 0,000 < 0,05. Serta nilai R2 sebesar 49,2%. Maka dapat diartikan bahwa masih terdapat variasi lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 50,8% Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat mahasiswa terhadap profesi guru, semakin baik pengalaman PLP yang diperoleh, dan semakin efektif kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki, maka semakin tinggi pula tingkat kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru yang profesional dan berkompeten. Sehingga mahasiswa calon pendidik mampu memberikan kontribusi sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Menjadi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Komunikasi Interpersonal, Kesiapan Menjadi Guru, Mahasiswa Kependidikan. |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mahendra Bagus Prayoga |
Last Modified: | 04 Aug 2025 09:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18519 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MINAT MENJADI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU STUDI KASUS MAHASISWA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ANGKATAN 2021. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MINAT MENJADI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU STUDI KASUS MAHASISWA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ANGKATAN 2021. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |