Asfia, Vifi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI MANGGIS 2 KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060137.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060137_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (941kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (777kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (762kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060137_0725076201_0012076701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di kelas III SDN Manggis 2 yang menunjukkan bahwa pembelajaran materi pecahan masih kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh penggunaan video animasi dengan tampilan gambar kecil dan tidak jelas, audio dalam video animasi terdengar kurang jelas, video animasi yang digunakan belum menampilkan gambar yang bergerak dan warna yang menarik, serta metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat satu arah tanpa melibatkan siswa dalam tanya jawab atau diskusi. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kevalidan media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2? (2) Bagaimanakah keefektifan media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2? (3) Bagaimanakah respon guru dan siswa terhadap media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kevalidan media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2; (2) Mendeskripsikan keefektifan media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2; (3) Mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap media video animasi materi pecahan untuk siswa kelas III SDN Manggis 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Manggis 2. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi media, validasi materi, validasi perangkat pembelajaran, validasi soal evaluasi, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Media video animasi materi pecahan dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi, berdasarkan hasil validasi: media (88%), materi (85%), perangkat pembelajaran (88%), dan soal evaluasi (84%). Rata-rata keseluruhan mencapai 86,25% dengan kriteria sangat valid. (2) Media video animasi materi pecahan dinyatakan sangat efektif, dengan hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata nilai 97% dan ketuntasan klasikal 100%, serta uji coba luas mencapai rata-rata 94,67% dengan ketuntasan 93,33%. (3) Media video animasi materi pecahan dinyatakan sangat praktis, berdasarkan respon guru (92% uji coba terbatas, 88% uji coba luas) dan respon siswa (93% uji coba terbatas, 94% uji coba luas), seluruhnya masuk kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Video Animasi, Materi Pecahan |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Vifi Asfia |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:36 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |