ANALISIS KEPUASAN DAN KESEJAHTERAAN NASABAH TERHADAP KUALITAS PROGRAM PEMBIAYAAN SANITASI Murabahah Wal Istishna (Studi Kasus Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Banyakan Kediri)

Ditya, Novendra Priya (2025) ANALISIS KEPUASAN DAN KESEJAHTERAAN NASABAH TERHADAP KUALITAS PROGRAM PEMBIAYAAN SANITASI Murabahah Wal Istishna (Studi Kasus Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Banyakan Kediri). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_57203_2112030001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_57203_2112030001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_57203_2112030001_0006016701_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan utama yang diangkat pada penelitian ini adalah sejauh mana peran koperasi di Indonesia dalam membantu mengatasi kurangnya fasilitas sanitasi yang ada di Indonesia dengan target nasabah Koperasi Mitra Dhuafa cabang Banyakan sekaligus mengetahui feedback yang diberikan nasabah pengguna program pembiayaan sanitasi tersebut dalam upaya mengetahui kualitas produk dan pelayanan yang diberikan oleh koperasi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan nasabah dan kesejahteraan nasabah terhadap kualitas program pembiayaan sanitasi dengan akad Murabahah Wal Istishna di Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Banyakan Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dan untuk pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disusun berdasarkan indikator yang relevan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pengguna program pembiayaan sanitasi berjumlah 33 nasbah yang kemudian pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 nasabah. Kepuasan nasabah dianalisis melalui kesesuaian harapan, minat menggunakan kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Kesejahteraan nasabah dilihat dari aspek ekonomi, kondisi fasilitas sanitasi, kesehatan keluarga, serta kemudahan akses air bersih. Kualitas program pembiayaan dinilai dari aspek layanan meliputi keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan aspek keberwujudan produk meliputi jumlah pembiayaan, jangka waktu, margin, dan metode angsuran. Hasil penelitian dengan uji statistik menggunakan SPSS versi 23, diketahui bahwa variabel kepuasan dan kesejahteraan memiliki hubungan signifikan terhadap variabel kualitas program pembiayaan sanitasi dari nilai signifikansi uji t parsial variabel kepuasan nasabah diperoleh nilai sig. 0.048 dengan nilai (t hitung 2.075 > t tabel 2.042), uji t secara parsial variabel kesejahteraan nasabah diperoleh nilai sig 0.024 dengan nilai (t hitung 2.392 > t tabel 2.042) , dan uji f secara simultan variabel kepuasan nasabah dan kesejahteraan nasabah terhadap kualitas program pembiayaan sanitasi diperoleh nilai sig 0.000 dengan nilai R square 0.537 yang berarti sebesar 53.7% variabel kualitas program pembiayaan sanitasi dijelaskan oleh variabel kepuasan nasabah dan kesejahteraan nasabah dan sebesar 46.3% dijelaskan oleh variabel lainnya. Dengan demikian, program pembiayaan sanitasi yang berkualitas turut mempengaruhi tingkat kepuasan dan kesejahteraan nasabah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi koperasi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan pembiayaan guna menunjang kehidupan nasabah yang lebih baik, lebih sejahtera dan sebagai evaluasi ataupun motivasi koperasi dalam berkembang menjadi lebih baik dari feedback yang diberikan nasabah dari analisis kepuasan dan kesejahteraan, atau dapat berupa dari analisis faktor lainnya terhadap kualitas program pembiayaan sanitasi yang diharapkan bisa ditambahkan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Nasabah, Kesejahteraan Nasabah, Kualitas, Pembiayaan Sanitasi
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 564 Banking
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 573 Financial administration (office, tax, hotel, logistics, etc.)
580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city)
580 Humaniora social science > 611 Social welfare sciences
710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 731 Sociology education (social sciences)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Novendra Priya Ditya
Last Modified: 29 Jul 2025 14:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18098

Actions (login required)

View Item View Item