Salsabela, Qonita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_19101100063.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100063_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (973kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (772kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (725kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100063_0713037304_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang ditemukan di SD Negeri Mojoroto 3 bahwa pelaksanaan pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia belum menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan buku teks, sehingga berakibat pada rendahnya minat belajar, motivasi, dan hasil belajar siswa. Hal tersebut kurang sesuai dengan IPAS materi sistem pernapasan manusia, karena dalam materi ini diperlukan pemahaman konsep proses dan bukti untuk dipelajari siswa yaitu harus disertai gambar, animasi, video, audio, dll. Hal tersebut menjadi latar belakang dari pengembangan media pembelajaran macromedia flash 8 materi sistem pernapasan manusia untuk kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 materi sistem pernapasan manusia untuk kelas V sekolah dasar, 2) untuk mengetahui keefektivan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 materi sistem pernapasan manusia untuk kelas V sekolah dasar, 3) untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 materi sistem pernapasan manusia untuk kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pengembangan R & D (Research and Development). Model pengembangannya yakni ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu yaitu: 1) analysis (analisis), 2) desain (merancang), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), 5) evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes, serta menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V dengan lokasi penelitian bertempat di SD Negeri Mojoroto 3. Hasil dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: 1) media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia dikatakan valid karena mencapai presentase kevalidan media 86,90% dan kevalidan materi ajar 94,4%. Sehingga akumulasi kevalidan akhir keduanya menjadi 90,65%, 2) media pembelajaran efektif untuk peserta didik berdasarkan hasil evaluasi uji coba terbatas dengan presentase ketuntasan 80% siswa, tuntas secara klasikal (100%), dan uji coba luas 83% siswa, tuntas secara klasikal (100%), 3) respon guru terhadap media pembelajaran dikatakan sangat baik dengan presentase 92,5%, sedangkan respon siswa mendapat 90% pada uji coba terbatas dan presentase 92% pada uji coba luas, sehingga media pembelajaran dapat dikatakan praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPAS pada sistem pernapasan manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 777 Other mipa education not yet listed 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | QONITA SALSABELA |
Last Modified: | 06 Mar 2025 14:29 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |