STUDI META ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI ERA KURIKULUM MERDEKA

Ilham, Slamet Muhammad (2024) STUDI META ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI ERA KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84202_2015010020.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010020_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (468kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (119kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010020_0724077901_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Slamet Muhammad Ilham Studi Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Era Kurikulum Merdeka, Skripsi, Pendidikan Matematika, FIKS UN PGRI Kediri, 2024. Banyak penelitian tentang pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik, namun belum ada yang menganalisis hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan jumlah sampel sebanyak 10 artikel jurnal. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis etnomatematika secara keseluruhan memiliki Effect Size dengan rata-rata sebesar 1,71 (excellent). Sedangkan berdasarkan jenjang pendidikannya, hasil penghitungan Effect Size mempunyai hasil yang beragam. Pada jenjang SD mempunyai nilai rata-rata Effect Size tertinggi sebesar 2,53 (excellent). Hasil tersebut disusul oleh jenjang SMA dengan nilai rata-rata Effect Size sebesar 1,50 (excellent). Sedangkan jenjang SMP mempunyai nilai Effect Size terendah dengan nilai rata-rata sebesar 0,99 (tinggi). Kata kunci: Meta Analisis, Etnomatematika, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Slamet Muhammad Ilham Studi Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Era Kurikulum Merdeka, Skripsi, Pendidikan Matematika, FIKS UN PGRI Kediri, 2024. Banyak penelitian tentang pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik, namun belum ada yang menganalisis hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan jumlah sampel sebanyak 10 artikel jurnal. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis etnomatematika secara keseluruhan memiliki Effect Size dengan rata-rata sebesar 1,71 (excellent). Sedangkan berdasarkan jenjang pendidikannya, hasil penghitungan Effect Size mempunyai hasil yang beragam. Pada jenjang SD mempunyai nilai rata-rata Effect Size tertinggi sebesar 2,53 (excellent). Hasil tersebut disusul oleh jenjang SMA dengan nilai rata-rata Effect Size sebesar 1,50 (excellent). Sedangkan jenjang SMP mempunyai nilai Effect Size terendah dengan nilai rata-rata sebesar 0,99 (tinggi). Kata kunci: Meta Analisis, Etnomatematika, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Slamet Muhammad Ilham
Last Modified: 27 Aug 2024 01:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item