PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MENGENALI, MENYADARI DAN MENGHARGAI KERAGAMAN IDENTITAS PADA PELAJARAN PKn KELAS X APHP 1 SMKN 1 PLOSOKLATEN

Shinta Maharani Putri, Shinta Maharani Putri (2024) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MENGENALI, MENYADARI DAN MENGHARGAI KERAGAMAN IDENTITAS PADA PELAJARAN PKn KELAS X APHP 1 SMKN 1 PLOSOKLATEN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87205_2014030007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2014030007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2014030007_0719036102_0005016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran PKn masih cenderung didominasi oleh aktifitas guru yang menyebabkan peserta didik malas berpikir dan pasif ketika diajak belajar yang sedikit sulit, sehingga dengan metode resitasi siswa lebih aktif dan lebih berinovasi karena bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis tidak hanya didalam kelas. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji coba siswa yang masih kurang ideal berdasarkan ketentuan nilai Kurikulum Merdeka yang berlaku di SMKN 1 Plosoklaten, tetapi setelah dilihat dari nilai dengan metode resitasi siswa bisa mengembangkan pemikirannya ternyata nilai siswa lebih baik dari sebelumnya. Metode yang digunakan oleh guru menyebabkan interaksi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang sehingga berdampak pada kemampuan berpikir siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode resitasi? (2) Apakah ada pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X APHP 1 SMKN 1 Plosoklaten. Metode pengumpulan data penelitian ini adatah metode tes. Uji hipotesis menggunkan uji pairet sampel t test. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis (1) Berdasarkan nilai signifikansi pada hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis nol ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode resitasi (2) Berdasarkan hasil uji t pada tabel di atas, diperoleh nilai t_hitung sebesar 8,2163638 dan nilai t_tabel sebesar 2,039513. Nilai t_hitung yang diperoleh lebih besar daripada nilai t_tabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode resitasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan simpulan penelitian ini memberikan saran bagi guru untuk menerapkan metode resitasi dalam memberikan tugas kepada peserta didik agar peserta didik lebih aktif dapat mengembangkan pemikirannya diluar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 580 Humaniora social science > 618 History (history)
710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 725 Sociology and anthropology education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Shinta Maharani Putri
Last Modified: 23 Aug 2024 02:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17040

Actions (login required)

View Item View Item