Wati, Dewi Rossylia (2024) PENGEMBANGAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI PADA MATERI MOBILITAS PADA MANUSIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_84205_2015020013.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (783kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020013_0711086102_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (845kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia sedang menghadapi tantangan era globalisasi abad 21, pada abad ini diperlukannya kemampuan literasi dan numerasi dalam peran sains yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun literasi dan numerasi di Indonesia masih terbilang rendah, salah satunya di SMA Negeri 1 Prambon dikarenakan kurangnya keterampilan dalam mengembangkan soal literasi numerasi dan kurangnya latihan soal literasi numerasi pada pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pengembangan soal literasi numerasi pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Prambon. Penerapan soal literasi dan numerasi dapat meningkatkan dan melatih kemampuan literasi numerasi peserta didik karena peserta didik dapat mengasah pengetahuan dan keterampilan literasi dan numerasi melalui angka, tabel, diagram dan grafik untuk memahami, menggunakan, dan menginterpretasikan informasi numerik dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan soal literasi numerasi yang telah dikembangkan peneliti, mengetahui tingkat kevalidan tiap butir soal, mengetahui reliabilitas butir soal, mengetahui hasil uji coba soal dan mengetahui respon peserta didik terhadap soal literasi numerasi pada materi mobilitas pada manusia kelas XI SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini merupakan design research tipe development study. Model penelitian yang digunakan menggunakan alur desain formatif evaluation yang difokuskan pada tahap prelimenary dan tahap formatif evaluation yang meliputi expert review, one to one, small group dan field test serta tahap validitas dan reliabilitas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Prambon. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi, butir soal literasi numerasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan soal literasi numerasi untuk mengetahui kevalidan soal melalui tahap validasi dan validitas reliabilitas serta ujicoba soal literasi numerasi melalui tahap tes peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh tingkat kelayakan butir soal literasi numerasi berdasarkana penilaian para ahli yaitu 97% dengan kategori sangat valid, validitas butir soal literasi numerasi yaitu 0.5981 pada kategori valid, reliabilitas butir soal literasi numerasi yaitu 0,72 dengan tingkat tinggi dan memiliki kategori reliabel serta respon peserta didik terhadap soal literasi numerasi yaitu 71% dengan kategori baik yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki respon baik terhadap soal literasi numerasi. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa soal literasi numerasi yang dikembangkan menunjukkan hasil dengan kategori valid, reliabel, efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi numerasi, formatif evaluation, validitas, reliabilitas |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 790 Education science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dewi Rossylia Wati |
Last Modified: | 22 Aug 2024 12:51 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16890 |
Actions (login required)
View Item |