Laili, Nurul Fitri (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SPLTV SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84202_2015010005.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010005_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (754kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (504kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_0730128505_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data empiris dilapangan guru menunjukkan hasil nilai ulang harian siswa kelas X - 5 pada materi SPLTV masih banyak KKM yang disebabkan karena rendahnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal matematika, kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa untuk mempelajari kembali terhadap materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui : 1) kemampuan pemecahan masalah SPLTV siswa dengan gaya belajar Visual melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), 2) kemampuan pemecahan masalah SPLTV siswa dengan gaya belajar Auditori melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), dan 3) kemampuan pemecahan masalah SPLTV siswa dengan gaya belajar Kinestetik melalui Model Pembel.ajaran Brain Based Learning (BBL). Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini diamati dan di laksanakan lansung oleh peneliti. Penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Kota Kediri pada kelas X-5. Dalam penelitian ini untuk menentukan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Purposive sampling adalah metode pemilihan subjek penelitian dengan dasar suatu pertimbangan(Sugiyono, 2013). Penetapan Subjek penelitian ini didapatkan berdasarkan hasil pengelompokan angket gaya belajar dan arahan dari guru matematika kelas X-5 terhadap siswa yang komunikatif yang diizinkan untuk menjadi subjek penelitian , maka dalam pemilihan subjek penelitian setiap kelompok gaya belajar akan diambil secara acak masing-masing 2 siswa yang akan digunakan sebagai subjek penelitian. Kemudian peneliti memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 1 soal kepada subjek penelitian. Selanjutnya dilakukan analisis data pada jawaban siswa, dan dilaksanakan wawancara pada setiap subjek penelitian. Instumen yang digunakan dalam penetilian berupa angket gaya belajar, modul ajar, tes, dan wawancara. Hasil analisis data diperoleh dari angket gaya belajar, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup baik, siswa dengan gaya belajar visual cenderung menekankan informasi penting dengan tanda khusus dan menejelaskan informasi dengan detail. 2) siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan baik, dalam memecahkan masalah siswa dengan gaya belajar auditori lebih mengandalakan daya ingat, dan 3) siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan baik, pada proses pembelajaran siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung disertai gerakan gestur tubuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran BBL(Brain Based Learning), gaya belajar |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Fitri Laili |
Last Modified: | 22 Aug 2024 05:16 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16886 |
Actions (login required)
View Item |