PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SNADER GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SUKU KATA SISWA KELAS 1 DI SDN JATIREJO

Andrianti, Mahesa Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SNADER GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SUKU KATA SISWA KELAS 1 DI SDN JATIREJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060265.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060265_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060265_0701128306_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan pengambilan angket need assessment kepada guru dan siswa kelas 1 SDN Jatirejo ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi suku kata. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dan need assessment bahwa siswa kelas 1 mengalami kesulitan pada materi suku kata, karena minimnya inovasi pembuatan media dan kurang bervariasi. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran snader game pada materi suku kata kelas 1 di SDN Jatirejo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan media pembelajaran snader game dalam meningkatkan keterampilan membaca suku kata di SDN Jatirejo, (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran snader game dalam meningkatkan keterampilan membaca suku kata di SDN Jatirejo, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran snader game dalam meningkatkan keterampilan membaca suku kata di SDN Jatirejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi produk dilakukan melalui 2 tahapan yaitu tahap uji coba terbatas dan uji coba luas. Lokasi penelitian uji coba terbatas dilakukan di SDN 4 Klodan dengan subjek penelitian 10 siswa. Sedangkan lokasi uji coba luas, dilakukan di SDN Jatirejo dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan angket respon siswa, tes. Instrumen analisis berupa deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Hasil uji validitas dari ahli materi menunjukkan presentase skor sebesar 80%, sedangkan dari ahli media sebesar 87%, jadi rata-rata kevalidannya adalah 83,5% memenuhi kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru mendapatkan skor 87% dan angket respon siswa mendapatkan skor 91% sehingga pada uji coba luas memperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan media snader game mengalami peningkatan nilai N-gain 0,708025 dengan kriteria tinggi sehingga memenuhi kriteria keefektifan yaitu sangat efektif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran snader game layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca suku kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran, Snader Game, Suku Kata
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mahesa Dwi Andrianti
Last Modified: 21 Aug 2024 13:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16821

Actions (login required)

View Item View Item