Auliya, Silvia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS I-SPRING SUITE MATERI IPA SIKLUS AIR KELAS V DI SDN BENDOSARI 01 KAB. TULUNGAGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060305.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060305_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (537kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060305_0705069001_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa sulit memahami materi IPA terutama pada siklus air karena dalam penyampaian materi guru berfokuskan pada buku tematik. Sehingga siswa merasa bosan, kurang minat, dan tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah(1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung ? (2) Bagaimana kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung ? (3) Bagaimana keefektifan produk pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung ? Tujuan pengembangan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran multimedia berbasis i-Spring Suite materi IPA siklus air kelas V di SDN Bendosari 01 Kab. Tulungagung. Metode penelitian menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Terdapat dua desain uji coba yang dilakukan terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba luas Hasil penelitian adalah (1) Media pembelajaran berbasis i-Spring Suite sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan dengan hasil validasi ahli media 90% dan ahli materi 90%. Dari hasil keduanya memperoleh rata-rata 90% (2) Media pembelajaran berbasis i-Spring Suite dapat dikatakan praktis dengan memperoleh presentase skor angket respon guru 96% dan angket respon siswa mendapatkan presentase 93,12%. Dari hasil keduanya memperoleh rata-rata 94,56% (3) Media pembelajaran berbasis i-Spring Suite dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena memperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal. Uji keefektifan media dilakukan melalui dua tahapan yaitu uji coba terbatas dengan perolehan 100% dan uji coba luas 95,45% Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa, keefektifan uji coba terbatas dan uji coba luas dapat dikatakan sangat efektif untuk digunakan tanpa perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Pembelajaran, I-Spring Suite, IPA |
Subjects: | 660 Art, design and media > 709 Product design 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Silvia Auliya |
Last Modified: | 16 Aug 2024 00:58 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15877 |
Actions (login required)
View Item |