PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NETADO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA DONGENG UNTUK SISWA KELAS II SDN BANGSONGAN

Pramesti, Prisna Galuh Ardhia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NETADO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MEMBACA DONGENG UNTUK SISWA KELAS II SDN BANGSONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060266.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060266_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060266_0708087703_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi dan wawancara di SDN Bangsongan, terdapat permasalahan dalam hasil belajar siswa kelas II. Keterampilan menyimak dan membaca dongeng masih dikatakan kurang bagus. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik menjadi penyebab permasalahan muncul. Sehingga memerlukan penelitian pengembangan media pembelajaran yang cocok untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut, 1) bagaimana kevalidan 2) kepraktisan dan 3) keefektifan media pembelajaran Netado dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan membaca siswa kelas II SDN Bangsongan? Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Metode ini memiliki tahap sebagai berikut, Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bangsongan yang berjumlah 49. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara berikut 1) angket validasi ahli media dan ahli materi, 2) angket respon guru dan siswa, dan 3) menggunakan pretest dan postest pada uji coba terbatas dan uji coba luas yang hasil data diolah menggunakan SPPS untuk diuji pra-syarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Melalui uji kevalidan ahli media dan ahli materi, media pembelajaran netado mendapatkan hasil presentase akhir sebesar 87,5% dan 90%. Presentase tersebut sudah dapat dinyatakan sebagai media yang valid digunakan uji coba. Selanjutnya melalui angket respon siswa mendapatkan rata-rata presentase 94% dan angket respon guru mendapatkan nilai presentase 92%. Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran netado sudah praktis digunakan. Selanjutnya pada uji pra-syarat didapatkan uji normalitas terbatas 0,287 > 0,05 dan 0,574 > 0,005, pada uji luas mendapatkan 0,257 dan 0,410. Pada uji homogenitas terbatas mendapatkan 0,543 > 0,05 dan uji luas 0,185 > 0,05. Lalu pada uji t pretest dan postest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 pada uji terbatas dan 0,001 < 0,05 pada uji luas. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perlakuan yang signifikan pada pemberian media pembelajaran netado sebelum postest. Melalui hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran netado sudah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan membaca dongeng kelas II SDN Bangsongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media netado, keterampilan menyimak, keterampilan membaca
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 816 Arts education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Prisna Galuh Ardhia Pramesti
Last Modified: 15 Aug 2024 09:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item