ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN METODE K-MEDOIDS DAN SIMPLE ADDITIVES WEIGHTING (SAW) UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Azhar, Rizki (2024) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN METODE K-MEDOIDS DAN SIMPLE ADDITIVES WEIGHTING (SAW) UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_2013020185.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_2013020185_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_2013020185_0729098903_0723098303_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan melalui data penjualan. Dalam konteks persaingan pasar yang semakin ketat, menjaga penjualan produk menjadi krusial bagi kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu, analisis bisnis penjualan menjadi penting guna memahami hubungan berkelanjutan antara perusahaan dengan pelanggan, menangani fluktuasi penjualan, serta merencanakan strategi pemasaran yang konsisten. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode K-Medoids dan Simple Additives Weighting (SAW) dapat menentukan segmentasi pelanggan pada distributor Ariston dan merangking pelanggan berdasarkan kontribusinya pada Perusahaan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian waterfall. Penelitian dilakukan secara berurutan dengan 3 siklus, study literatur dengan menggali informasi dari data penjualan. Penerapan program dengan memberikan solusi terhadap permasalahan yang didapat dari observasi sebelumnya. Pemeliharaan yaitu mengawasi sistem yang sudah diterapakan dengan melakukan update atau mengatasi bug. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui study literatur dapat ditemukan masalah yang terjadi pada tempat penelitian sehingga memunculkan solusi yang mengarah pada pembuatan produk penelitian. (2) melalui penerapan dan development, masalah yang ditemukan dapat diselesaikan dengan pembuatan produk berupa website segmentasi pelanggan. (3) melalui siklus pemeliharaan, sistem yang sudah dibuat dapat diawasi dan diperbarui secara berkala sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, Algoritma K-Medoids dan Simple Additives Weighting dapat diimplementasikan dengan baik ke dalam produk penelitian berupa website segmentasi pelanggan. Dengan alat tersebut diharapkan perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang berbasis data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distributor, K-Medoids, Pelanggan, SAW, RFM, Strategi Pemasaran
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Rizki Azhar
Last Modified: 08 Aug 2024 04:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item