KEEFEKTIFAN SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA MAN 1 KOTA KEDIRI

Aszahra, Vidya Sari and KRISPHIANTI, YUANITA DWI and ATRUP, ATRUP (2024) KEEFEKTIFAN SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA MAN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_19101010048.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010048_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (474kB)
[img] Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (270kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010048_0708068904_0709116101_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Disiplin diri adalah tindakan mengikuti aturan yang terjadi karena dorongan kesadaran batin dari daam diri individu tanpa sebuah keterpaksaan. Namun yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa tingkat disiplin diri siswa di MAN 1 Kota Kediri cenderung rendah. Hal ini diakibatkan karena siswa sudah terbiasa melakukan pembelajaran secara daring, dan belum terbiasa dengan tata tertib di sekolah. Agar tercipatnya suasana belajar yang nyaman, perlu ditekankan kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah membantu guru bk untuk meningkatkan disiplin diri siswa menggunakan teknik self control. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen dan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 5 yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probabily sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan teknik eksperimen dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-postest. Metode analisis data yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design dengan dilakukan uji normailtas, uji homogenitas dan uji-t Teknik self control telah dilakukan uji normalitas dengan metode One Sample Kolmogorov-Smirnov dan metode Shapiro-Wilk dapat diketahui bahwa nilai Sig. dari hasil pretest sebesar 0,20 dan posttest sebesar 0,161 lebih besar dari 0,05. Hasil Uji Homogenitas dalam Tabel “Test of Homogeneity of Variances”, diatas diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) variabel kedisiplinan siswa baik sebelum treatment (pretest) maupun setelah treatment (posttest) adalah sebesar 0,098. t hitung adalah sebesar 6,628 > t tabel 2,010635, Yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil kedisiplinan siswa sebelum treatment (pretest) dan setelah treatment (posttest). Kesimpulan penelitian ini adalah teknik self control efektif dalam meningkatkan disiplin diri siswa melalui tindakan konseling kelompok yaitu RPL. kemudian saran bagi guru bk adalah diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan untuk memberikan layanan bagi siswa dan bagi peneliti selanjutnya untu selalu memperbarui penelitian agar selalu terbarui

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self control, disiplin diri
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Vidya Sari Aszahra
Last Modified: 21 Feb 2024 15:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item View Item