PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FIKSI DAN NONFIKSI BERBASIS POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN TANON

Rahayu, Septiana Puji and LAILA, ALFI and BASORI, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FIKSI DAN NONFIKSI BERBASIS POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SDN TANON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100054.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100054_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (246kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100054_0708087703_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti bahwa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks fiksi dan teks nonfiksi pada siswa kelas V SDN Tanon Kabupaten Kediri Kecamatan Papar belum berjalan efektif. Hal ini dikarenakan 1) guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dan kurang memperhatikan kemampuan keterampilan membaca pada peserta didik. Sehingga mengakibatkan peserta didik sering tidak fokus dan kurang dalam kemampuan keterampilan membaca, 2) guru juga jarang melibatkan peserta didik untuk berperan aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar hanya satu arah saja. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis pop up book pada materi teks fiksi dan teks nonfiksi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SDN Tanon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tanon. Penelitian ini dilakukan uji validasi untuk mengetahui kevalidan bahan ajar. Selanjutnya terdapat dua jenis uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 10 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) hasil uji kevalidan materi memperoleh hasil validasi materi sebesar 88%, validasi media mendapatkan skor 86%. Berdasarkan hasil dari rekapitulasi validasi materi dan media, bahan ajar berbasis pop up book pada materi teks fiksi dan teks nonfiksi memperoleh skor 87% dan termasuk dalam kriteria sangat valid; (2) hasil uji kepraktisan bahan ajar berbasis pop up book memperoleh persentase respon guru skala terbatas sebesar 89,33% sedangkan respon guru skala terbatas memperoleh skor 90,66%, hasil respon siswa pada uji terbatas memperoleh skor 91,00%, dan hasil respon siswa uji coba luas memperoleh persentase skor sebesar 91,00%. Total skor dari keseluruhan yaitu 90,49% dan dinyatakan sangat praktis; (3) hasil uji keefektifan pada skala terbatas mendapatkan nilai uji normalitas sig. sebesar 0,908 > 0,005 dan 0,0186 > 0,05 data terdistribusi normal, pada skala luas hasil uji normalitas mendapatkan nilai 0,339 > 0,05 dan 0,037 > 0,05 data terdistribusi normal, uji homogenitas mendapatkan nilai 0,052 > 0,05 maka data sama atau homogen,pada uji-t mendapatkan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan antara post-test dan pre-test yang artinya ada pengaruh penggunaan bahan ajar pop up book terhadap peningkatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pop up book, kemampuan membaca siswa
Subjects: 710 Education science > 740 Language and literature education science
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Septiana Puji Rahayu
Last Modified: 19 Feb 2024 08:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item