PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLITAR

Amilia, Ilma and MUKMIN, BAGUS AMIRUL and MUJIWATI, ENDANG SRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLITAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100040.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100040_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (951kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100040_0710059001_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pada pembelajaran IPA materi siklus air pada siswa kelas V SD Negeri Blitar belum berjalan efektif. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran saat proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru berfokus pada buku guru dan buku siswa sebagai bahan untuk mengajar sehingga membuat siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terkait materi siklus air. Kurangnya pemahaman siswa mengakibatkan lebih dari 48% siswa mendapatkan hasil belajar di bawah KKM. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media video animasi berbasis powtoon materi siklus air pada siswa kelas V SD Negeri Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Blitar. Penelitian ini dilakukan uji validasi untuk mengetahui kevalidan media. Selanjutnya, terdapat dua desain uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 7 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) kevalidan media memperoleh hasil validasi media sebesar 86,1%. validasi materi mendapatkan skor 100%. Validasi perangkat pembelajaran mendapatkan 100%. Berdasarkan hasil rekapitulasi validasi media, materi, dan perangkat pembelajaran, media video animasi berbasis powtoon materi siklus air memperoleh skor penilaian sebesar 95,36% dan masuk dalam kriteria sangat valid; (2) keefektifan media pada uji coba terbatas memperoleh rata-rata sebesar 87,28% dengan ketuntasan klasikal 85,7% dan pada uji coba luas memperoleh rata-rata 90,2% dengan ketuntasan klasikal 95%, menunjukkan taraf keberhasilan dengan kriteria sangat baik sehingga dinyatakan efektif, tuntas, dan bepengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa; dan (3) kepraktisan media video animasi berbasis powtoon memperoleh persentase respon guru sebesar 100%, hasil respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase skor 97,1%, dan hasil respon siswa uji coba luas memperoleh persentase skor sebesar 99% dan dinyatakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Video Animasi, Berbasis Powtoon, Materi Siklus Air
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ilma Amilia
Last Modified: 19 Feb 2024 08:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item