PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TURTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMA

Fitriyah, Anis Lailatul and RATNAWATI, VIVI and KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TURTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_19101010030.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010030_0728038306_0717115901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi hasil wawancara dengan guru BK dan juga observasi yang dilakukan peneliti, yang menunjukkan bahwa terdapat siswa di SMA Negeri 3 Kota Kediri memiliki rasa percaya diri rendah. Masalah rendahnya rasa percaya diri ini muncul karena siswa sering terlihat gugup atau goyah ketika maju ke depan kelas, merasa susah berbicara di depan kelas terutama ketika melakukan presentasi, ragu-ragu dan menghindari pertanyaan dari bapak/ibu guru, kurangnya komunikasi dengan teman, ragu-ragu ketika di suruh oleh bapak/ibu guru, tidak berani menyampaikan pendapat, dan insecure. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan milik Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dimana yang sebelumnya 10 tahap pengembangan dari Borg and Gall, menjadi 7 tahap yaitu, tahap (1) pengumpulan informasi, tahap (2) melakukan perencanaan, tahap (3) pengembangan draf produk, tahap (4) uji coba lapangan awal (Dosen), tahap (5) merevisi hasil uji coba, tahap (6) uji coba guru BK, (7) revisi hasil uji coba guru BK dan revisi produk maka produk siap untuk digunakan setelah dilakukan berbagai revisi. Serta di uji validitasnya, dimana hasil 7 tahap penelitian ditemukan hasil penilaian kemudian di uji validitas untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Penelitian yang telah dilakukan ini, menghasilkan produk yaitu sebuah media permainan Truth or Dare untuk meningkatkan percaya diri siwa. Produk ini terdiri dari: (1) balok permainan, (2) sebuah dadu, (3) buku panduan, (4) kotak balok, (5) kotak dadu dan sudah melalui uji ahli materi, uji ahli media, dan uji calon praktisi. Berdasarkan dari hasil interval ahli materi memperoleh hasil 75% berarti layak digunakan dan hasil interval ahli media memperoleh hasil 81% yang berarti sangat layak digunakan dan hasil interval uji pengguna memperoleh skor 92% yang berarti sangat layak digunakan. Dari semua hasil yang diperoleh maka media permainan Truth or Dare yang telah peneliti kembangkan dapat diterima secara praktis dan teoritis sebagai salah satu media BK. Saran bagi guru diharapkan media permainan Truth or Dare dapat diimplementasikan sebagai salah satu inovasi layanan BK untuk membantu meningkatkan percaya diri siswa dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan peneliti lanjutan dengan memperluas variabel dan subjek penelitian mengenai permainan Truth or Dare untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Truth or Dare, Percaya Diri.
Subjects: 710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Anis Lailatul Fitriyah
Last Modified: 20 Feb 2024 05:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item