EFEKTIVITAS PENGGUNAAN "DAM QUIZ” DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KERTOSONO

Sansastra, Purna and RATNAWATI, VIVI and KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN "DAM QUIZ” DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KERTOSONO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_19101010039.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010039_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010039_0728038306_0717115901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana terdapat siswa yang merasa takut untuk memberikan informasi tentang dirinya. Individu yang tertutup dengan lingkungan sekitarnya tidak jarang juga mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan teman-temannya karena tidak mampu untuk mengungkapkan perasaan atau emosi yang dimilikinya. Salah satu upaya mengatasi melalui layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik “Dam Quiz” pada bimbingan kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik board games “Dam Qiuz” efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kertosono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan “Dam Quiz” dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kertosono. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kertosono. menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode one group pretest-posttest. Teknik sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 143 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pretest sebesar 2,99 dan posttest sebesar 3,50 lebih besar dari 0,05 data bersifat normal. Berdasarkan hasil uji t menunjukan variabel keterbukaan diri siswa memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung yaitu bernilai sebesar -8.656 sedangkan t tabel adalah sebesar 1.655 yang berarti t hitung > t tabel sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini, (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, yaitu penggunan “Dam Quiz” efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VII SMPN 2 Kertosono. Peneliti memberikan saran untuk kedepannya bagi pembaca diharapkan mampu menambah ilmu pengetahuan yang telah ada, dapat memberikan gambaran mengenai keterbukaan diri, dan cara meningkatkan keterbukaan diri dilakukan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik board games “Dam Quiz” yang telah efektif, serta menjadi masukan keilmuan Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterbukaan diri, bimbingan kelompok, Dam Quiz
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Purna Sansastra
Last Modified: 18 Feb 2024 14:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item