IMPLEMENTASI MODEL BISNIS BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) PADA IKM (INDUSTRI KECIL MENENGAH) YANG TERDAFTAR DI RUMAH KURASI KOTA KEDIRI

PERMATASARI, DISTYA RATIH and KUSUMANINGTYAS, DIAN and SARDANTO, RINO (2023) IMPLEMENTASI MODEL BISNIS BUSINESS TO CUSTOMER (B2C) PADA IKM (INDUSTRI KECIL MENENGAH) YANG TERDAFTAR DI RUMAH KURASI KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_61201_2012010277.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010277_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (375kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010277_0703108302_0730127403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya IKM (Industri Kecil Menengah) yang didukung dengan kehadiran rumah kurasi kota Kediri yang merupakan program kolaborasi antara Bank Indonesia, Dinas Koperasi UMKM, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Rumah kurasi membantu memastikan keberadaan setiap produk IKM memiliki standar mutu dan kelayakan sehingga dapat dipastikan produk dari IKM memiliki potensi untuk dikembangkan. Kendatipun fungsi rumah kurasi ini sangat membantu IKM, dalam penerapannya dan prakteknya banyak IKM yang masih menggunakan model bisnis Business To Customer (B2C). IKM hendaknya mengimplementasikan model bisnis Business To Customer (B2C) bertujuan untuk membangun brand loyalty supaya customer mengenal dan loyal terhadap brand mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian model bisnis Business To Customer (B2C) oleh IKM yang terdaftar dalam pembinaan rumah kurasi kota Kediri dalam upaya meningkatkan penjualan dan mengembangkan potensi produk, serta sebagai bahan untuk memberikan sumbangsih bagi IKM dalam meng-upgrade potensi produk yang diproduksi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh melalui metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan analisis data secara kualitatif. Sumber informan dari penelitian ini diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa dalam implementasi model bisnis Business To Customer (B2C) oleh IKM yang terdaftar dalam pembinaan rumah kurasi kota Kediri sangat memiliki potensi pada produknya namun adanya kendala seperti keterbatasan modal, inovasi, pengetahuan akses pasar global menjadi hambatan untuk IKM melakukan upgrading produk mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Business to Customer (B2C), Rumah Kurasi, Potensi
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
550 Economics > 579 Unlisted management field
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Distya Ratih Permatasari
Last Modified: 19 Feb 2024 03:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item View Item