DESAIN PEMBELAJARAN MATERI TRANSPOR DAN PERTUKARAN ZAT MELALUI METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 6 KEDIRI

Dewi, Nurul Puspita and UTAMI, BUDHI and RAHMAWATI, IDA (2024) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI TRANSPOR DAN PERTUKARAN ZAT MELALUI METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 6 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_19101060010.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_19101060010_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (884kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_19101060010_0729116401_0729108201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi, angket motivasi belajar dan wawancara memperoleh informasi bahwa (1) kondisi siswa pasif saat pelajaran seperti kurang memperhatikan pembelajaraan, tidak mencatat, tidak aktif merespon pertanyaan dan mudah merasa bosan. (2) Hasil angket motivasi belajar dengan 5 indikator yaitu motivasi belajar intrinsik & relevansi pribadi 68,36%, efikasi diri & kecemasan penilaian 70%, penilaian diri 69,82%, motivasi karir 71,07 % dan motivasi kelas 72,86%. (3) Materi pembelajaran biologi yang bersifat abstrak salah satunya yaitu materi transpor dan pertukaran zat. (4) Metode pembelajaran yang kurang interaktif karena kurang beragam sesuai kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui desain pembelajaran materi transpor dan pertukaran zat melalui metode make a match dan mengetahui motivasi belajar biologi kelas XI di SMAN 6 Kediri Metode Penelitian menggunakan Design Research tipe Validation Study. Terdapat tiga tahap terdiri yaitu (1) tahap Preparing for the Experiment (persiapan untuk penelitian), (2) Design Experiment (percobaan mengajar), dan (3) tahap Retrospective Analysis (analisis retrospektif). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 5 SMAN 6 Kediri berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa angketmotivasi belajar siswa, angket respon siswa, modul ajar dan media pembelajaran metode make a match. Teknik analisis data deskriptif kualitatif berupa hasil wawancara, observasi dan tahap Design Experiment (percobaan mengajar). Serta analisis data deskriptif kuantitatif memperoleh data dari skor penilaian hasil angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran materi transpor dan pertukaran zat melalui metode make a match dengan desain HLT (Hypotethical Learning Trajectory) pada kegiatan inti pembelajaran terdiri kegiatan literasi, critical thinking, collaboration dan communication. Memperoleh hasil cukup efektif untuk mengatasi permasalahan keaktifan siswa dan pemahaman materi yang bersifat abstrak. Motivasi belajar siswa pre test dan post test memperoleh hasil bahwa terjadi perubahan nilai kategori dari sedang ke tinggi pada 2 indikator yaitu motivasi belajar intrinsik & relevansi pribadi dan penilaian diri. Serta memperlihatkan peningkatan persentase nilai dengan 5 indikator. Kesimpulannya desain pembelajaran materi transpor dan pertukaran zat melalui metode make a match efektif dalam mengatasi permasalahan keaktifan siswa, pemahaman materi yang bersifat abstrak dan peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMAN 6 Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transpor dan Pertukaran Zat, Metode Make a Match, Motivasi Belajar, Validation Study
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Puspita Dewi
Last Modified: 21 Feb 2024 16:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item