ANALISIS POTENSI METAVERSE: STUDI KASUS PEMBUATAN GAME EDUKASI SAINS BERBASIS METAVERSE MENGGUNAKAN APLIKASI ROBLOX STUDIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SEL

SANTOSO, AGUS MUJI and SULISTIYOWATI, TUTUT INDAH and Ningsih, Dyah Utami (2023) ANALISIS POTENSI METAVERSE: STUDI KASUS PEMBUATAN GAME EDUKASI SAINS BERBASIS METAVERSE MENGGUNAKAN APLIKASI ROBLOX STUDIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SEL. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84205_19101060001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_19101060001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_0720088401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_0720088401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_072008841_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_072008841_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_072008841_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_19101060001_0713088605_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari hasil observasi dan studi pendahuluan pada kegiatan studi independen batch 3 di PT. Cipta Konsultan Internasional pada bulan Juli hingga Desember 2022. Diketahui bahwa teknologi yang berkembang secara pesat sekarang ini banyak mendukung sektor-sektor kehidupan. . Sektor pendidikan merupakan sektor yang diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi ini, dengan mengubah suasana pembelajaran secara langsung menjadi pembelajaran virtual dengan metaverse. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah teknologi 3D virtual world atau metaverse. Fakta yang didapat saat studi observasi adalah bahwa semua bidang pekerjaan hingga bidang ilmu dapat menjadi pendorong perubahan teknologi atau membantu mengembangkan sebuah dunia virtual. Permasalahan dalam penelitian ini apakah teknologi dunia virtual metaverse dapat membantu permasalahan belajar siswa khususnya pada pembelajaran biologi siswa SMA. Dengan cara seperti apa metaverse atau dunia virtual tersebut dapat membantu kegiatan pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta menyebarkan angket analisis kebutuhan pada siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Angket analisis kebutuhan disebarkan untuk mengidentifikasi permasalahan siswa kelas XI yang kesulitan memahami materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk membedah potensi metaverse agar dapat di implementasikan pada sektor pendidikan khususnya pembelajaran biologi. Serta aplikasi yang dapat digunakan sebagai metaverse engine untuk mengembangkan metaverse yang dapat membantu pembelajaran. Aplikasi atau engine yang dapat digunakan untuk pengembangan game berbasis metaverse adalah Roblox studio. Dengan melakukan pembedahan karakteristik aplikasi roblox studio maka dapat diketahui apakah aplikasi ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan siswa serta potensi metaverse seperti apa yang bisa di terapkan pada pembelajaran biologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi roblox studio sebagai engine atau pengembang dunia virtual atau objek berdimensi dapat membantu permasalahan siswa yang merasa kesulitan mempelajari biologi pada materi vii pembelajaran yang bersifat abstrak atau tidak pernah dilihat secara langsung oleh siswa. Dengan memberikan visualiasi berdimensi pada materi yang abstrak tersebut diharapkan siswa mampu memahami secara benar dan tidak terjadi miskonsepsi pada pembalajaran biologi yang sifatnya abstrak dan perlu untuk diberikan visualisasi. Selain mampu memberikan visualisasi materi yang abstrak penerapan metaverse pada pembelajaran diharapkan menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih imersif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metaverse, Pembelajaran Biologi, Roblox studio
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 780 Technology and vocational education science
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Dyah Utami Ningsih
Last Modified: 28 Sep 2023 07:35
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item