IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KALIJOGO WATES

Sudarmawan, Warta and KATMININGSIH, YUNI and WIDODO, SURYO (2023) IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KALIJOGO WATES. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_19101050022.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_19101050022_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_01_fornt_ref.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_02.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_03.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_04.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_05.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_06_ref.PDF - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_19101050022_0707067003_0002026403_07_lamp.PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen autentik dalam kurikulum Merdeka Belajar merupakan asesmen yang digunakan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik secara lebih tepat dan nyata dengan menyesuaikan jenis serta fungsi asesmen autentik yang meliputi asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning). Serta asesmen autentik dalam kurikulum Merdeka Belajar menggunakan pendekatan asesmen formatif dan sumatif. Kemudian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi asesmen autentik dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Matematika di SMP Kalijogo Wates serta hambatan yang ditemui dalam implementasi asesmen autentik kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Matematika di SMP Kalijogo Wates. Sumber dalam penelitian ini adalah seorang pengajar Matematika di SMP Kalijogo Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen tertulis maupun gambar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengajar dalam mengimplementasikan asesmen autentik pada pembelajaran Matematika sudah berjalan dengan lancar. Pengajar menggunakan beragam teknik asesmen autentik berdasarkan jenis dan fungsinnya dalam asesmen pada akhir proses pembelajaran, untuk proses pembelajaran, dan sebagai proses pembelajaran. Namun dalam proses pengimplementasian, pengajar masih menemukan berbagai hambatan. Hambatan yang ditemui diklasifikasikan menjadi tiga jenis hambatan yaitu hambatan pengajar, peserta didik, dan waktu. Meskipun masih ditemukan beragam hambatan, pengajar tetap berupaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut salah satunya pada hambatan waktu pengajar berupaya menyiapkan kebutuhan bahan ajar jauh hari sebelum digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: asesmen autentik, pembelajaran Matematika, kurikulum merdeka
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 797 Curriculum development
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Warta Sudarmawan
Date Deposited: 27 Sep 2023 11:36
Last Modified: 27 Sep 2023 11:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item