EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 4 KEDIRI

ELSABRINA, ULFATUR RUSDA and HANGGARA, GURUH SUKMA and SANCAYA, SETYA ADI (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_19101010012.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010012_0705068605_0712076102_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010012_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa terdapat siswa siswi SMAN 4 Kediri yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang kurang fokus ketika pembelajaran dikelas, siswa yang kurang mampu untuk mengungkapkan argumen atau ide ketika sedang berdiskusi, siswa yang kurang mampu untuk menyimpulkan suatu pembahasan, siswa yang tidak bisa membedakan antara fakta yang benar dan salah, dan siswa yang kurang mampu untuk menjelaskan argumennya dihadapan umum sehingga pendengar tidak bisa memahami apa yang ia katakan. Permasalahan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik Creative Problem Solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Dalam teknik tersebut memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksprimen diberikan bimbingan kelompok teknik creative problem solving sedangkan kelompok kontrol diberikan teknik diskusi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kemampuan berpikir kritis. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test yaitu Independent sample test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelumnya 69,33 menjadi 96,13. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 26,80. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebelumnya 91,27 menjadi 101,53. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 10,26. Dengan demikian peningkatan besaran nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan pada uji independen sampel t test yang memperoleh hasil nilai sig 2-tailed 0,002<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok teknik creative problem solving. Berdasarkan hasil, pentingnya penelitian ini yaitu agar siswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, serta untuk guru bimbingan konseling hendaknya dalam memberikan layanan kepada siswa mengunakan teknik yang bervariasi agar siswa antusias dalam mengikuti bimbingan kelompok dimana proses yang ingin dicapai bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Creative Problem Solving, Berfikir Kritis
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ulfatur Rusda Elsabrina
Last Modified: 18 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12447

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item