Kafabihi, Ahmad Muchsin and KATMININGSIH, YUNI and WIDODO, SURYO (2023) ANALISIS KONTEKS SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84202_19101050027.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (57MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_19101050027_SIMILARITY.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (909kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_01_front_ref.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_02.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_03.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_04.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_05.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_06_ref.PDF - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_19101050027_0707067003_0002026403_07_Lamp.PDF - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini masih menggunakan buku paket sebagai bahan ajarnya. Disisi lain peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep, merumuskan masalah dan menafsirkan konteks dunia nyata ke dalam matematika. Pada kenyataannya buku teks matematika yang digunakan di sekolah saat ini masih banyak memiliki kelemahan, salah satunya yaitu hanya ada sebagian kecil soal uji kompetensi dalam buku teks matematika yang dikategorikan soal kontekstual. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis soal kontekstual pada buku teks matematika kurikulum 2013 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI. Penelitian ditinjau berdasarkan indikator soal kontekstual yaitu, personal, akademik, sosial, dan saintifik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Terdapat 177 soal yang dianalisis pada penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Soal kontekstual yang ada menurut indikatornya, terdapat 6 soal konteks personal (3,38%), 0 soal konteks akademik (0%), 15 soal soal konteks sosial (8,47%), 6 soal konteks saintifik (3,38%). Sedangkan sebanyak 150 soal (84,74%) bukan merupakan soal kontekstual. Berdasarkan kategorinya soal yang tidak ada konteks sebanyak 150 soal (84,75%), Kamuflase 14 soal (7,90%) dan Relevan (13 soal atau 7,34%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Buku, Konteks Soal |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 100 Mathematics and natural science > 124 Other areas of mathematics that have not been listed 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ahmad Muchsin Kafabihi |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 12:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 12:31 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12273 |
Actions (login required)
View Item |