PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI

Kurniawan, M. Fahmi and SUJARWOKO, SUJARWOKO and PUSPITONINGRUM, ENCIL (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediric.

[img] Text (Full Text)
RAMA_88201_16101070017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88201_16101070017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88201_16101070017_0730066403_0719068703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sangat kompleks, karena pada saat menulis harus melibatkan berbagai aktivitas kognisi dan keterampilan tertentu dalam suatu proses menghasilkan sebuah teks tulisan yang berisi gagasan terpilih, informasi, fakta, dan hal lainya yang sebagai pola pikir seseorang. sehingga orang lain dapat mengetahui atau memahami isi pesan yang disampaikan berupa tulisan, hal ini akan dapat terjadinya komunikasi yang baik antara penulis dengan pembaca. Salah satu yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses keterampilan menulis adalah pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Desain ini merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapat perlakuan dengan model discovery learning menunjukkan bahwa hipotesis diterima, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur di kelas XI SMK PGRI 4 Kediri pada tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Discovery Learning, Teks Prosedur
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: M. Fahmi Kurniawan
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:04
Last Modified: 27 Sep 2023 13:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item