GAME EDUKASI SEBAGAI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Sujadi, Thea Satmalra Tualviretha Provyanti Sujadi and SETIAWAN, AHMAD BAGUS and SULAKSONO, JULI (2023) GAME EDUKASI SEBAGAI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_55201_19103020055.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020055_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020055_0703018704_0707076505_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal pertama yang melaksanakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar, dikembangkan sesuai dengan potensi daerah dan sosial budaya. Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran dibutuhkan pedoman dalam proses belajar mengajar. Kurikulum 2013 merupakan salah satu pedoman yang menggabungkan beberapa materi pelajaran dalam satu bentuk buku tema. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sebuah game edukasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat, motivasi serta pemahaman siswa dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dari buku tema pada sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SLDC (System Development Life Cycle) atau waterfall yang sering digunakan sebagai pengembangan sistem informasi yang sistematis dan terurut, dengan algoritma Fisher-Yates Shuffle. Pembuatan Game ini menggunakan construct 2 yang memudahkan dalam pembuatan game 2D. Game ini dapat dimainkan oleh satu pemain, terdiri dari 7 level yang disetiap levelnya akan muncul beberapa pertanyaan sesuai dari buku tema kelas 3-6. Berdasarkan pengujian black box dan user test dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukasi ini memiliki fitur yang berjalan sesuai dengan fungsinya, praktis dalam penggunaan, dan cukup membantu dalam penyampaian materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tematik, Construct 2, Fisher-Yates Shuffle
Subjects: 710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Thea Satmalra Tualviretha Provyanti Sujadi
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:23
Last Modified: 27 Sep 2023 13:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item