PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART LADDER PADA MATERI SATUAN PANJANG UNTUK SISWA KELAS 3 DI SDN MANGGIS 2

SABILA, ALSA SAFA'A MILATA and ZAMAN, WAHID IBNU and WAHYUDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART LADDER PADA MATERI SATUAN PANJANG UNTUK SISWA KELAS 3 DI SDN MANGGIS 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100037.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100037_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (246kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (700kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100037_0713078602_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pembelajaran di kelas III SDN Manggis 2 pada mata pelajaran Matematika materi satuan panjang terdapat beberapa permasalahan yang di alami oleh peserta didik. Permasalahan yang ditemukan pada saat observasi adalah 1) proses pembelajaran guru hanya menggunakan sumber belajar buku paket Tematik serta menggunakan metode ceramah, 2) terbatasnya media pembelajaran 3) banyak media pembelajaran yang sudah rusak karena kurang perawatan dan jarang dipakai, 4) kurangnya minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika materi satuan panjang. Hal ini dikarenakan siswa masih kesulitan dalam memahami materi satuan panjang, siswa masih kesulitan dalam menghafal urutan kilometer dan seterusnya, 5) guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa gambar ditempel dipapan tulis. Sehingga diperlukan media pembelajaran pada mata pelajaran Matematika agar siswa mengetahui secara jelas konsep materi satuan panjang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Research dan Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Rancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran Smart Ladder pada materi satuan panjang di kelas III SDN Manggis 2. Subjek penelitian siswa kelas III SDN Manggis 2 sebanyak 20 siswa. Hasil dari penelitian pengembangan smart ladder adalah sebagai berikut : 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria validitas yang diperoleh dari ahli materi dengan skor 88% dengan melakukan perbaikan dan ahli media dengan skor 88% dengan melakukan perbaikan. 2) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru sebesar 94% dan angket respon siswa uji terbatas 94% dan respon siswa uji luas sebesar 98%. 3) dinyatakan efektif melalui hasil analisis soal prestest dan posttest menggunakan rumus N-Gain uji terbatas yaitu 1 siswa memperoleh hasil kriteria sedang (g < 0,7) dan 4 siswa memperoleh kriteria tinggi (g > 0,7) dan mendapatkan hasil peresentase 83%, sedangkan uji luas 3 siswa memperoleh hasil kriteria sedang (g < 0,7) dan 12 siswa memperoleh kriteria tinggi (g > 0,7) dan mendapatkan hasil peresentase 80%. Berdasarkan persentase tersebut, media pembelajaran smart ladder dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada materi satuan Panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Smart Ladder, Siswa Kelas III.
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Alsa Safa'a Milata Sabila
Date Deposited: 27 Sep 2023 14:19
Last Modified: 27 Sep 2023 14:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item