PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI “KAYANYA KEDIRIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATERI PEMANFAATAN KEKAYAAN DI ALAM INDONESIA KELAS IV DI SDN PUNJUL 1

Pratiwi, Febianti Susila and AKA, KUKUH ANDRI and WAHYUDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI “KAYANYA KEDIRIKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATERI PEMANFAATAN KEKAYAAN DI ALAM INDONESIA KELAS IV DI SDN PUNJUL 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100083.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100083_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (46kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100083_0713118901_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa di pada penyampaian materi Tematik tema 9 sub tema 2 pembelajaran 1 masih menggunakan metode teacher centered learning (TCL) dimana guru berperan aktif dalam menyampaikan materi dan siswa hanya fokus menyimak penjelasan guru. Penyampaian materi guru hanya menjelaskan secara verbal dan terpaku pada buku tematik dan buku pedoman siswa (LKS) tidak memanfaatan fasilitas media yang ada. Siswa belum mampu mengidentifikasi pemanfaatan kekayaan alam yang ada di Kediri disebabkan materi terlalu banyak dan siswa tidak memiliki gambaran mengenai bagaimana pemanfaatan kekayaan alam yang ada di Kediri. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana validitas, kepraktisan, serta keefektifan video animasi dengan judul “Kayanya Kediriku” untuk materi pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia pada siswa kelas IV?, sementara tujuan dari skripsi ini adalah Mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan video animasi dengan judul “Kayanya Kediriku” untuk materi pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) modifikasi dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Punjul 1. Penelitian ini dilakukan dengan 8 tahapan yaitu, Observasi dan pengumpulan data, Perencanaan, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk/uji coba terbatas, Revisi produk, Uji coba pemakaian/uji coba luas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil validasi media yang memperoleh presentase 92% dan validasi materi mendapat presentase 88% sehingga mendapat hasil rata-rata presentase 90% dapat dinyatakan bahwa media video animasi “Kayanya Kediriku” dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sesuai dengan saran dan komentar dari para ahli. Media video animasi “Kayanya Kediriku” dinyatakan praktis dari hasil angket validasi kepraktisan dengan validator/ahli praktisinya adalah guru kelas IV SD Negeri Punjul 1 dan memperoleh rata-rata presentase 95%. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa yang mendapat presentase 91% sehingga media video animasi “Kayanya Kediriku’ dapat dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 802 Curriculum and educational technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Febianti Susila Pratiwi
Date Deposited: 27 Sep 2023 14:49
Last Modified: 27 Sep 2023 14:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item