PERAN GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN FRUITS MONOPOLY PADA ANAK USIA DINI

Astutik, Yenny Dwi and RIDWAN, RIDWAN and UTOMO, HANGGARA BUDI (2020) PERAN GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN FRUITS MONOPOLY PADA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86207_16101110016.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_16101110016_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB)
[img] Text (References)
RAMA_86207_16101110016_0725037101_0720058503_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_16101110016_0725037101_0720058503_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berhitung yang merupakan salah satu komponen dari kemampuan dalam bidang kognitif, merupakan hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri anak. Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan. Hal ini akan lebih efektif karena dunia anak adalah dunia bermain, di mana permainan Fruits Monopoly adalah salah satunya.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji peran guru terhadap peningkatan kemampuan berhitung 1-10 melalui permainan fruits monopoly pada anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan dan penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa permainan fruits monopoly secara efektif mampu memberikan pengaruh pada kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia dini, khususnya taman kanak-kanak. Permainan fruits monopoly menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan berpusat pada anak didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Melalui permainan ini, anak belajar untuk berhitung objek nyata yang anak sukai dalam atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: the ability to count 1-10, the game Fruits Monopoly, early childhood
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 792 Non-formal education
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 797 Curriculum development
710 Education science > 801 Early childhood education programs
710 Education science > 802 Curriculum and educational technology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Yenny Dwi Astutik
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:21
Last Modified: 24 Aug 2020 08:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item