PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI KETAMPAKAN ALAM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Taqiyyan, Najibatuz Zahro Hasya and NURMILAWATI, MUMUN and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI KETAMPAKAN ALAM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_19101100097.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100097_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100097_000609801_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti, bahwa pandemi yang terjadi pada awal tahun 2020 hingga awal tahun 2022 lalu yang menjadikan pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh atau daring memberikan beberapa dampak yang berpengaruh pada aktivitas pendidikan saat ini. Salah satu dampak tersebut adalah kurangnya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada kepahaman siswa pada materi yang diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kevalidan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V sekolah dasar? 2) Bagaimanakah kepraktisan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V sekolah dasar? 3) Bagaimanakah keefektifan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V sekolah dasar? Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Mengetahui kevalidan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kepraktisan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 3) Mengetahui keefektifan produk pengembangan media ajar pop-up book pada materi ketampakan alam untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas V SDIT Ulul Albab Ngetos serta guru dan siswa kelas V SDIT Ulul Albab Loceret. Penelitian pengembangan ini melalui lima tahap sesuai dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dan keterangan sangat layak, tidak perlu revisi dengan skor rata-rata validasi yang didapatkan dari ahli media dan ahli materi sebesar 89,16%. 2) Media yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan kualifikasi sangat baik dan keterangan sangat praktis, tidak perlu revisi dengan skor rata-rata yang didapatkan dari hasil angket respon pengguna yang diisi oleh siswa dan guru pada uji coba terbatas dan uji coba skala luas sebesar 89,17%. 3) Media yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan kualifikasi sangat efektif, tidak perlu revisi dengan hasil persentase siswa yang memenuhi ketuntasan belajar keseluruhan pada uji coba terbatas dan uji coba luas masing-masing sebesar 88% telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, direkomendasikan: 1) Media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran dan mampu memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan 2) Media pop-up book yang dikembangkan oleh pengembang dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil penelitian 3) Media pop-up book yang dikembangkan oleh pengembang dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi yang diajarkan 4) Media pop-up book yang dikembangkan oleh pengembang dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan efektif dan dapat membantu siswa memahami materi serta meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, media pop-up book, sekolah dasar
Subjects: 710 Education science > 724 Geography education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Najibatuz Zahro Hasya Taqiyyan
Last Modified: 14 Aug 2023 04:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item