PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS GAMBAR ANIMASI PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI SUMBER ENERGI UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI MANGGIS 2

Rahayu, Yessica Novita Puji and MUKMIN, BAGUS AMIRUL and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS GAMBAR ANIMASI PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI SUMBER ENERGI UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI MANGGIS 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100113.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100113_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (128kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100113_0710059001_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Manggis 2, dalam proses pembelajaran penggunaan media untuk menjelaskan materi energi alternatif masih berfokus pada gambar yang ada pada buku siswa, kurangnya penggunaan media dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru yang monoton sehingga siswa masih kesulitan untuk memahami materi. Sehingga siswa kurang antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis gambar animasi dipercaya mampu memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran terkait materi energi alternatif. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media powerpoint interaktif berbasis gambar animasi pada materi energi alternatif. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui kevalidan media powerpoint interaktif berbasis gambar animasi materi energi alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi berbagai sumber energi. (2) mengetahui keefektifan produk media powerpoint interaktif berbasis gambar animasi materi energi alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi berbgai sumber energi. (3) mengetahui kepraktisan media powerpoint interaktif berbasis gmabar animasi pada materi energi alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi berbagai sumber energi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE, dimana model ini memiliki lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk kevalidan produk yang dikembangkan ditetapkan melalui hasil angket validasi media, dan validasi materi yang sesuai dengan kualifikasi kevalidan. Uji keefektifan didapatkan dengan hasil nilai siswa setelah menjawab soal yang sesuai dengan kualifikasi keefektifan. Uji kepraktisan respon guru dan siswa menggunakan hasil angket yang dikonversikan sesuai dengan kualifikasi kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis yang dipaparkan (1) Kevalidan produk powerpoint interaktif berbasis gambar animasi sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan energi alternatif pada anak kelas IV SDN Manggis 2, pada validasi ahli media memperoleh nilai 83% kategori sangat valid, sedangkan pada validasi ahli materi memperoleh nilai 88% kategori sangat valid. (2) Keefektifan produk powerpoint interaktif sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan energi alternatif pada anak kelas IV SDN Manggis 2, dengan persentase nilai rata-rata sebesar 87% kategori sangat efektif. (3) Kepraktisan produk powerpoint interaktif sudah memenuhi kriteria dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan energi alternatif pada anak kelas IV SDN Manggis 2, pada angket respon guru memperoleh nilai 92% kategori sangat praktis, sedangkan pada angket respon siswa memperoleh nilai 100% kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi energi alternatif ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Gambar Animasi, IPA SD
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yessica Novita Puji Rahayu
Last Modified: 13 Aug 2023 13:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item