MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL CERDAS PADA ANAK DIDIK USIA 5 – 6 TAHUN TK DHARMA WANITA DESA JAMBI

Sari, Evi Purwita and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI and DWIYANTI, LINDA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL CERDAS PADA ANAK DIDIK USIA 5 – 6 TAHUN TK DHARMA WANITA DESA JAMBI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86207_19101110010.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_19101110010_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 = References)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (871kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_19101110010_0729078402_0707079101_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca anak didik masih sangat rendah dan kurang. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak anak didik yang belum mampu membaca dengan menggunakan media papan flannel cerdas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media papan flannel cerdas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Desa Jambi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Desa Jambi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, menggunakan instrument lembar observasi, unjuk kerja atau lembar kerja, dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat dibuktikan bahwa anak yang sebelumnya masih belum lancar dalam kemampuan membaca sekarang sudah lancar (2) setelah dilakukannya penelitian pada anak yang sebelumnya belum hafal huruf sekarang sudah hafal (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran media papan flannel cerdas terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemulaan pada anak didik yang sebelumnya anak merasa bosan karena kurang kreativitas guru terhadap media pembelajaran sekarang anak menjadi lebih semangat saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil siklus ketuntasan dalam pembelajaran menggunakan media papan flannel cerdas yang telah dilakukan yaitu pada siklus I mendapatkan presentase sebesar 41,16%, siklus II 70,58% dan siklus III 94,11% dapat dikatakan sudah meningkat sesuai harapan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan pembelajaran media papan flannel cerdas adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kelas yang menyenangkan dan tidak monoton serta guru harus kreatif dalam menggunakan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Anak Didik, Papan Flannel Cerdas
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Evi Purwita Sari
Last Modified: 13 Aug 2023 11:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item