PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MENCERMATI TOKOH-TOKOH PADA CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mawarti, Risma Dyah and DAMARISWARA, RIAN and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MENCERMATI TOKOH-TOKOH PADA CERITA FIKSI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100077.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100077_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (809kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100077_0728129001_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN 3 Ngadiboyo Kabupaten Nganjuk pada kelass IV. Dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan berupa siswa kurang memahami materi mencermati tokoh-tokoh cerita fiksi. Guru didominasi menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran. Guru tidak menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan dari media Articulate Storyline pada materi mencermati tokoh-tokoh cerita fiksi? (2) Bagaimana kepraktisan dari media Articulate Storyline pada materi mencermati tokoh-tokoh cerita fiksi? (3) Bagaimana keefektifan dari media Articulate Storyline pada materi mencermati tokoh-tokoh cerita fiksi?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media Articulate Storyline pada materi mencermati tokoh-tokoh cerita fiksi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek guru dan siswa kelas IV SDN 3 Ngadiboyo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli, angket penilaian produk, dan soal hasil belajar berupa posttest dengan Teknik analisis berupa kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran Articulate Storyline mendapatkan hasil dari validasi ahli media sebesar 88% dan hasil dari validasi ahli materi sebesar 85%. (2) Media pembelajaran Articulate Storyline dinyatakan praktis dan memperoleh hasil angket dari guru yaitu 94% sedangkan hasil angket dari siswa mendapatkan nilai 89%. (3) Media pembelajaran Articulate Storyline diuji keefektifannya melalui soal pos test dari uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata 87, sedangkan uji coba luas memperoleh nilai rata-rata 90. Berdasarkan hasil nilai pada uji coba terabatas dan uji coba luas mengalai peningkatan. Berdasarkan persentase maka media pembelajaran Articulate Storyline sangat efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran Articulate Storyline dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Penelitian Pengembangan R&D.
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Risma Dyah Mawarti
Last Modified: 13 Aug 2023 14:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item