Karuniawati, Aulia and SETYAWATI, SRI PANCA and ATRUP, ATRUP (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PANDAWA PANCAWARNA UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_19101010004.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (757kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (397kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010004_0716046202_0709116101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru BK di SMAN 6 Kediri, yang menunjukkan bahwa siswa di SMAN 6 Kediri mengalami burnout belajar. Kondisi ini ditunjukkan dengan hasil angket melalui AKPD (Asesmen Kebutuhan Peserta Disik) di kelas XI IPA 2 SMAN 6 Kediri dan ditemukan bahwa sebanyak 20 peserta didik dari 29 peserta didik mengalami burnout belajar. Hal ini juga diperkuat dengan hasil observasi melalui pengamatan peneliti bahwa ditemukan gejala–gejala burnout belajar, seperti, kurang memperhatikan guru , yang menunda–nunda dalam mengerjakan tugas, sering tidur ketika pelajaran, dan seing izin ke toilet padahal pergi ke kantin. Selain itu peneliti juga memberikan angket kebutuhan melalui google form dan berdasar hasil analisis angket didapatkan bahwa 22 peserta didik dari 29 peserta didik mengalami burnout belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan media BK Pandawa Pancawarna untuk menurunkan burnout belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti, dimana yang sebelumnya 10 tahap pengembangan mendjadi 5 tahap pengembangan yaitu, tahap (1) potensi dan masalah, tahap (2) pengumpulan data, tahap (3) produk awal, tahap (4) validasi produk awal, dan tahap (5) revisi produk awal. Berdasar tahapan tersebut dihasilkan produk sebuah media yaitu pandawa pancawarna untuk menurunkan burnout belajar peserta didik. Media pandawa pancawarna terdiri dari : (1) papan lingkaran, (2) lima macam kartu kuis dan tantangan, (3) pistol mainan, (4) buku panduan, dan (5) angket burnout belajar. Analisis data berdasarkan interrater agreement dan dianalisis menggunakan rumus Gregory. Berdasarkan uji interrater agreement didapatkan hasil dari ahli materi sebesar 1.0 yang termasuk dalam validitas sangat tinggi, hasil dari ahli media sebesar 0,67 yang termasuk dalam validitas tinggi, dan hasil dari pengguna sebesar 1,0 yang termasuk validitas sangat tinggi. Berdasar hasil analisis data tesebut dapat disimpulkan bahwa media pandawa pancawarna untuk menurunkan burnout belajar peserta didik yang dikembangkan memiliki validitas tinggi, artinya dapat diterima secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media BK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media BK, pandawa pancawarna, burnout belajar. |
Subjects: | 660 Art, design and media > 709 Product design 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Aulia Karuniawati |
Last Modified: | 13 Aug 2023 03:45 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11434 |
Actions (login required)
View Item |