PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE FINGERBOARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ningrum, Prajna Paramarthasatya and WULANSARI, WIDI and NUGROHO, ISFAUZI HADI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE FINGERBOARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_86207_19101110011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_19101110011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Cover BAB 1 + References)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_19101110011_0724038803_0701038303_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan abad 21 merupakan suatu perubahan yang akan dan pastii terjadi. Tanda adanya perkembangan abad 21 adalah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini memicu munculnya berbagai bentuk persaingan di segala bidang. Untuk menghadapi era perkembangan abad 21 suatu individu sangat perlu memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah maupun menemukan ide baru, sehingga sebagai seorang guru perlu memberikan stimulasi secara signifikan sejak anak berada pada masa golden age. Mengetahui hal itu penulis tertarik untuk mengembangkan suatu media pembelajaran Interactive Fingerboard sebagai media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Media Interactive Fingerboard terdapat 3 kotak, kotak pertama dilengkapi dengan bentuk 2 tangan yang dapat digunakan untuk berrhitung, kotak kedua sebagai kotak gambar yang dilengkapi dengan gambar yang dapat disusun serta kotak ketiga dilengkapi dengan angka dan lambang bilangan (penjumlahan dan pengurangan). Media akan dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall Research and Develobment (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah yang kreatif, inovatif, dan terbarukan, sehingga pembelajaran yan dijalankan kurang menarik yang berdampak menjadi pembelajaran yang membosankan bagi anak. Instrument penelitian yang digunakan berupa studi kepustakaan, observasi, angket validasi ahli (ahli media dan ahli materi), serta nilai pretest dan posttest. Media yang dikembangkan melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi dapat diketahui bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan, karena dalam hasil penilaian semua butir penilaian tidak ada yang memperoleh kategori tidak valid. Keefektifan media Interactive Fingerboard dapat dinyatakan sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah Keefektifan media dapat dilihat dari hasil pretest dan postes yang dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon dengan menggunakan aplikasi SPSS 16, yaitu menunjukkan signifikansi 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah dan sebelum menggunakan media. Hasil perbandingan pretest dan posttest menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memperoleh nilai Posttest lebih rendah dari pada pretest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interactive Fingerboard, motivasi, pemecahan masalah.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Prajna Paramarthasatya Ningrum
Last Modified: 12 Aug 2023 14:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item