PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUBITA (RUBIK TARI DAN ALAT MUSIK NUSANTARA) PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK KELAS IV SDN PULOGEDANG 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HERAWATI, DESI and BASORI, MUHAMAD and WIGUNA, FRANS ADITIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUBITA (RUBIK TARI DAN ALAT MUSIK NUSANTARA) PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK KELAS IV SDN PULOGEDANG 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100070.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100070_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (296kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100070_0721048003_0719048206_07_lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan siswa kelas IV SDN Pulogedang 2 dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Pulogedang 2 ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan ketika kegiatan pembelajaran di kelas, serta guru tidak menggunakan media pembelajaran ketika kegiatan pembelajaran dilakukan. Sehingga ada beberapa siswa yang ramai sendiri dan kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. permasalahan penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran RUBITA pada materi Kekayaan Budaya Indonesai untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran RUBITA pada materi Kekayaan Budaya Indonesai untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran RUBITA pada materi Kekayaan Budaya Indonesai untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran RUBITA yang digunakan pada materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran RUBITA yang digunakan pada materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran RUBITA yang digunakan pada materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Kelas IV SDN Pulogedang 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian research and developmend (R&D) dengan bagan pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 10 tahapan model Borg & Gall yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk tahap akhir, (10) produksi masal. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil validasi menunjukkan kevalidan yang terbukti dari persentase ahli media 84%, dan ahli materi persentase 74%. Dengan rata-rata persentase validasi ahli media 79%. Dari hasil presentase menunjukkan bahwa media pembelajaran valid. (2) hasil angket respon siswa uji lapangan menunjukkan persentase 92,5%. Dari hasil presentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat praktis. (3) hasil keefektivan media pembelajaran yang memperoleh persentase 92,50% nilai post-test siswa ≥ 70 (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran RUBITA ini valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kekayaan Budaya Indonesia
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 813 Music arts education
710 Education science > 814 Dance education
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Desi Herawati
Last Modified: 11 Aug 2023 12:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item