MELATIH SOCIAL AWARENESS MELALUI TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 2 BUJEL KEDIRI

Diana, Melani Wahyu and NURHAJATI, DIANI and RIWAYATININGSIH, RIKA (2023) MELATIH SOCIAL AWARENESS MELALUI TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 2 BUJEL KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_88203_19101080047.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88203_19101080047_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (419kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88203_19101080047_0711126302_0721107201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki abad 21, lulusan sekolah di Indonesia harus memiliki sejumlah kompetensi dan keterampilan. Selain itu, mereka harus memperoleh pendidikan karakter. Salah satu keterampilan yang harus dilatih adalah soft skill, yang salah satunya adalah kesadaran sosial (Social Awareness). Keterampilan ini adalah kemampuan untuk memahami norma dan etika sosial dalam konteks keluarga dan sekolah. Salah satu indikator siswa yang memiliki kesadaran sosial dapat dilihat dari sikap dan tutur kata pada saat berkomunikasi yang sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Untuk itu semua pembelajaran di sekolah diharapkan memberi pengalaman belajar siswa agar memiliki keterampilan tersebut, termasuk pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Idealnya pembelajaran untuk siswa SD harus ramah anak, artinya materi yang diberikan dan strategi pembelajarannya harus sesuai dengan karakteristik pembelajar. Pembelajaran lebih menekankan pada keterampilan berkomunikasi lisan, yaitu menyimak dan berbicara dalam Bahasa Inggris, di samping melatih sikap positif. Tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah melatih siswa agar mampu berkomunikasi lisan menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks percakapan sederhana. Selain itu guru Bahasa Inggris seharusnya juga menanamkan pendidikan karakter melalui proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahapan dalam melatih Social Awarenes melalui Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan sebagai subyek penelitian ini adalah siswa kelas empat, lima, dan enam SD di Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi pembelajaran secara offline, wawancara, serta menganalisis dokumen pembelajaran, seperti buku ajar, media pembelajaran dan sebagainya. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan tahapan: ‘data reduction, data display, and conclusion drawing/verification’. Dari penelitian yang telah dilakukan dihasilkan beberapa temuan diantaranya yaitu, 1) tahapan pembelajaran. Tahapan pembelajaran telah sesuai dengan Standar Proses Permendikbud No. 22 Tahun 2016 yang terdiri dari tiga tahap yaitu Pre, Whilst, dan Post. 2) Materi yang digunakan, disini materi yang digunakan yaitu yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari seorang anak dan disesuaikan dengan daya pikir anak. 3) Temuan terkait Social Awareness, munculnya social awareness siswa selama proses pembelajaran yang terdiri dari empati, memahami situasi, dan kesadaran berorganisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social Awareness, TPR (Total Physical Response), Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 580 Humaniora social science > 610 Social sciences
710 Education science > 742 English language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Melani Wahyu Diana
Last Modified: 11 Aug 2023 06:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item