META-ANALISIS PENGARUH MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Palupi, Pri and LAILA, ALFI and SANTI, NOVI NITYA (2020) META-ANALISIS PENGARUH MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100017_0708087703_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100017_0708087703_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model CIRC dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Model CIRC merupakan model pembelajaran terpadu khusus bahasa dalam membaca, menulis dan menentukan ide pokok di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode meta-analisis dengan menggunakan sampel lima artikel jurnal nasional. Perhitungan pada lima artikel memberikan hasil yang berbeda. Pada hasil analisis artikel yang pertama memiliki hasil effect size sebesar (0,37) yang memiliki arti effect size pengaruh kecil, artikel kedua besarnya efek sebesar (0,08) memiliki effect size yang dapat diabaikan, artikel ketiga hasil effect size sebesar (0,58) yang memiliki arti effect size yang sedang. Artikel keempat besarnya efek sebesar (0,68) memiliki effect size pengaruh sedang. Dan artikel kelima memiliki hasil effect size (1,55) yang memiliki arti effect size pengaruh yang tinggi. Pada lima artikel di atas model CIRC sangat tepat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca, menulis dan menemukan ide pokok pada kelas tinggi sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model CIRC, meta-analisis, effect size, bahasa Indonesia
Subjects: 710 Education science > 740 Language and literature education science
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Pri Palupi
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:51
Last Modified: 24 Aug 2020 05:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item