Lubis, Cindy Eria and Damayanti, Susi and Permana, Erwin Putera (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V SD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5 (1). pp. 496-503. ISSN 2598-6139
Text
18. Artikel SEMDIKJAR 2022 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
18. SIMILARITY SEMDIKJAR 2022 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
PEER REVIEW Pros 5 Jul 2022 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang didapat bahwa guru pada kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya media yang mendukung. Untuk mengatasi permasalahan peneliti mengembangkan ”Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V”. Peneltian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kevalidan; 2) mengetahui kepraktisan; 3) mengetahui keefektifan dalam multimedia interaktif pada materi daur air di kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian dan pengembangan multimedia interaktif pada materi daur air di kelas V adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan valid dengan kriteria presentase nilai kontruksi multimedia interaktif sebesar 95% dan validitas materi 82%; dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria presentase angket respon guru sebesar 92% dan angket respon siswa sebesar 98%; dinyatakan efektif dengan memenuhi presentase ketuntasan belajar klasikal tes soal siswa sebesar 100%. Berdasarkan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi daur air di kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erwin Putera Permana |
Date Deposited: | 05 Mar 2023 04:34 |
Last Modified: | 05 Mar 2023 04:34 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9263 |
Actions (login required)
View Item |