Pramesty, Bella Nindy and SULISTYONO, BAMBANG AGUS and NURFAHRUDIANTO, AAN (2022) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIU. pp. 374-385. ISSN 978-602-60762-2-9
Text (Article)
84202_0713087101_Article.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (785kB) |
|
Text (Similarity)
84202_0713087101_Similarity.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (Peer Review)
84202_0713087101_Peer Review.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran sekaligus pengaruh yang tinggi untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Kurikulum 2013 telah diterapkan di indonesia, dalam penerapannya terdapat kendala dan masalah seperti masih beberapa sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 namun pembelajarannya masih bersifat konvensional yang akibatnya tujuan daripada penerapan kurikulum 2013 ini belum tercapai secara maksimal. PTK (Penelitian Tindak Kelas) merupakan salah satu bentuk upaya untuk sebuah solusi pada krisis pendidikan saat ini. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 20 orang siswa dari kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Purwoasri. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan hasil belajar siswa. Pada dasarnya masih banyak pandangan atau pemikiran bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit dan tidak banyak disukai oleh kebanyakan siswa. Faktor inilah yang menyebabkan siswa malas atau kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang optimal pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Discovery learning adalah salah satu solusi yang dipilih peneliti untuk menyelesaiakan krisis yang dialami pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah, Purwoasri. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menngeteahui apakah discovery learning dapat mempengaruhi meningkatnya motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kela VII MTs- Al Hikmah Purwoasri. Penelitian ini dilakukan melalui 2 kali penilaian dalam setiap siklus, yaitu pada pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 hal yang dilihat sebagai tolak ukur penelitian diantaranya pelaksanaan pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar. Pada data yang telah tertera menunjukkan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Bambang Agus Sulistyono |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 13:49 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 13:49 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8831 |
Actions (login required)
View Item |